Soal Pemekaran Kota Lembang, Ini Kata Tokoh Pendiri Kabupaten Bandung Barat

- 7 November 2020, 16:00 WIB
Pemprov Jabar Jembatani Pemekaran Lembang, Pengamat: Bandung Barat Baru Dimekarkan
Pemprov Jabar Jembatani Pemekaran Lembang, Pengamat: Bandung Barat Baru Dimekarkan /Humas Pemprov Jabar/


BERITA KBB – Wacana Pemekaran Kota Lembang dari Kabupaten Bandung Barat (KBB) saat ini tengah mencuat. Lembang merupakan salah satu dari 16 kecamatan di KBB yang dikenal sebagai kota wisata.

Munculnya wacana tersebut berawal dari Forum Koordinasi Desain Penataan Daerah (Forkoteda) Jawa Barat yang mengajukan Kecamatan Lembang menjadi Daerah Otonomi Baru (DOB).

Baca Juga: Bupati Bandung Barat Tolak Pemekaran Kota Lembang, Ini Alasannya

Wakil Ketua 1 Forkodetada Calon DOB Kota Lembang, Kusna Sunardi menjelaskan, Kecamatan Lembang sudah selayaknya memisahkan diri dari Kabupaten Bandung Barat.

Menanggapi hal itu, Komite Pembentukan Kabupaten Bandung Barat (KPKBB) menyayangkan masuknya Lembang sebagai Calon Daerah Otonom Baru (CODB).

Baca Juga: Bukan Sang Kekasih Wijin, Ternyata Sosok Ini yang Dimirip-miripkan di Video Syur Mirip Gisel

Wakil Ketua KPKBB, Ade Ratmaja menegaskan, keinginan pemekaran DOB Kota Lembang sah-sah saja, namun untuk mewujudkannya, tidak semudah membalikkan telapak tangan.

“Pemekaran itu harus melewati berbagai proses, baik politik dan administratif. Tetapi ada proses pada tingkat DPRD kabupaten, provinsi hingga DPR RI. Termasuk ada keputusan kelembagaan lainnya, yakni pemerintah,” katanya, Jumat, 6 November 2020.

Baca Juga: UAS hingga Amien Rais Dirayu untuk Jadi Anggota Majelis Syuro Partai Masyumi

Halaman:

Editor: Cecep Wijaya Sari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x