Industri Telekomunikasi Indonesia Tetap Tumbuh Solid di Tengah Pandemi

- 15 Februari 2021, 22:21 WIB
Petugas melakukan perawatan jaringan
Petugas melakukan perawatan jaringan /XL Axiata/

BERITA KBB - Dampak pandemi masih terasa hingga saat ini, semua lini kehidupan masih merasakannya tak terkecuali industri telekomunikasi Indonesia. 

XL Axiata melihat sejumlah peluang positif di dalam Industri Telekomunikasi Indonesia. Salah satunya adalah terkait kemungkinan terjadinya konsolidasi operator, di mana hal tersebut akan membawa dampak yang menyehatkan Industri Telekomunikasi secara umum.

Selanjutnya, cara kerja digital, sekolah, dan kehidupan sehari-hari akan menciptakan permintaan data dalam jangka panjang.

Baca Juga: PPKM Mikro, Tingkat Kepatuhan Prokes Warga Jabar di Angka 80-an Persen

Peluang lainnya berupa peningkatan permintaan layanan fixed broadband (FTTH), dimana area layanan yang terus meningkat, serta sambungan yang terus bertambah. Terakhir, adanya momentum kuat di tahun ini untuk terus memperluas jaringan di luar Jawa sebagai investasi berkelanjutan. 

Meskipun harus menghadapi kompetisi industri yang sangat ketat ditengah situasi pandemi Covid-19, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) tetap berhasil mencatat pertumbuhan yang solid.

Dengan meraih peningkatan pendapatan layanan lebih dari 6% dibandingkan periode yang sama dari tahun sebelumnya (YoY).

Baca Juga: IAI Kota Bandung Ajak Pelaku UMKM Pasarkan Produk Makanan di Apotek

Di sepanjang 2020, kontribusi pendapatan dari data mencapai 92%, dengan penetrasi smartphone mencapai 89% yang merupakan tertinggi secara industri.

Di sisi lain, rerata pendapatan per pelanggan atau ARPU campuran meningkat dari tahun sebelumnya Rp sebesar 35.000 menjadi Rp 36.000.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x