Grup Qasidah Nasida Ria Tampil di Festival Jerman, Simak Profilnya

- 20 Juni 2022, 19:13 WIB
WOW! Grup Qasidah Nasida Ria Asal Indonesia Tampil di Jerman, Pembukaan Acara Seni Akbar Dunia, Legend!
WOW! Grup Qasidah Nasida Ria Asal Indonesia Tampil di Jerman, Pembukaan Acara Seni Akbar Dunia, Legend! /

 

 
 
BERITA KBB - Musisi Tanah Air tiada hentinya untuk menorehkan prestasi dengan unjuk gigi di kancah Internasional.
 
Kini giliran Nasida Ria, sebuah grup qasidah asal Semarang yang tampil di panggung Opening Week Music Program Documenta Fifteen di Kassel, Jerman.
 
Pada Sabtu, 18 Juni 2022, mereka tampil dengan menyanyikan beberapa lagu andalan, yakni “Dunia dalam Berita”, “Perdamaian”, “Bila Bom Nuklir Diledakkan”, “Kota Santri” dan lain - lain.
 
 
Grup qasidah Nasida Ria dibentuk pada tahun 1975 oleh HM Zain, seorang guru qira'at di Kota Semarang.
 
Ia mengumpulkan sembilan siswanya untuk menjadi grup dengan anggota Mudrikah Zain, Mutoharoh, Rien Jamain, Umi Kholifah, Musyarofah, Nunung, Alfiyah, Kudriyah, dan Nur Ain.
 
Saat awal berkarier, Nasida Ria hanya menggunakan rebana sebagai alat musik, hingga akhirnya wali kota Iman Soeparto Tjakrajoeda, menyumbang alat - alat musik.
 
 
Nasida Ria pertama kali debut dengan Album berjudul Alabaladil Makabul dengan inspirasi dari musik Arab.
 
Awalnya, Nasida Ria merilis lagu dengan lirik bahasa Arab. Namun, setelah saran dari kyai Ahmad Buchori Masruri, mereka akhirnya menampilkan lagu - lagu berbahasa Indonesia yang akhirnya cukup populer di Tanah air, seperti "Pengantin Baru", "Tahun 2000", "Jilbab Putih", "Anakku", dan "Kota Santri".
 
Setelah tahun 2000, grup Nasida Ria sempat mengalami perubahan beberapa anggota karena ada yang sudah keluar dari grup dan juga ada yang meninggal.
 
 
Kini Nasida Ria memiliki 12 personel dengan manajer Choliq Zain, anak dari HM Zain.
 
Nasida Ria menampilkan musik dengan gaya Arab klasik yang dilengkapi instrumen modern. Penulis lagu grup qasidah ini sering kali mengadaptasi irama Arab Tradisional.
 
Selain lagu yang melekat dengan dakwah Islam, Nasida Ria juga memiliki banyak lagu yang menyinggung isu - isu keadilan, judi, perang, bencana, dan pers.
 
Lagu-lagu dengan tema yang cukup duniawi ini dibuat berdasarkan pedoman dari Al - Qur'an.
 
Baru - baru ini grup qasidah Nasida Ria viral di media sosial karena telah tampil di ajang Opening Week Music Program Documenta Fifteen di Kassel, Jerman pada Sabtu, 18 Juni 2022.
 
 
Mereka menyanyikan lagu - lagu andalan mereka yang berjudul “Dunia dalam Berita”, “Perdamaian”, “Bila Bom Nuklir Diledakkan”, “Kota Santri” dan lain - lain.
 
Sebelum tampil di Jerman, Nasida Ria juga pernah menghadiri konser di Malaysia untuk merayakan Tahun Baru Islam.
 
Grup ini juga pernah tampil di Berlin, Jerman oleh Haus der Kulturen der Welt untuk bermain di Die Garten des Islam, sebuah pameran budaya Islam.
 
Setelah itu, pada Juli 1996, mereka kembali ke Jerman untuk menghadiri Festival Heimatklange, dengan acara di Berlin, Mülheim, dan Düsseldorf.
 
Kini, penampilan Nasida Ria di Jerman merupakan kali ketiga mereka untuk unjuk gigi di Negera Panzer ini.
 
Berikut profil dan biodata Nasida Ria
 
Nama Grup : Nasida Ria
Tahun Berdiri : 1975
Nama Anggota : Hj. Rien Djamain, Hj. Nurjanah, Hj. Thowiyah, Sofiyatun, Uswatun Khasanah, Titik Mukaromah, Hj. Afuwah, Hj. Hamidah, Hj. Nadhiroh, Hj. Nurhayati, Nazla Zain & Alfiatul Khoiriyah.
Asal Grup : Semarang
Instagram : @nasidariasemarang
 
Itu dia profil dan biodata Nasida Ria, grup qasidah asal Semarang yang mendunia dan masih eksis lebih dari 40 tahun.***

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x