Dittipidsiber Polri Selidiki Sosok Bjorka, Mahfud MD: Belum Bisa Diumumkan ke Publik!

- 15 September 2022, 12:57 WIB
Misi Hacker Bjorka Terungkap! Pengalihan Isu Kasus Besar?
Misi Hacker Bjorka Terungkap! Pengalihan Isu Kasus Besar? /Mapay Bandung/Pikiran Rakyat/

 

BERITA KBB - Mabes Polri menyebut tim gabungan terpadu masih mengusut aksi dugaan peretasan data yang dilakukan oleh hacker Bjorka.
 
Hal itu disampaikan oleh Kadiv Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo, merespons pernyataan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD, yang mengungkapkan bahwa hacker Bjorka sudah teridentifikasi oleh Badan Intelijen Negara (BIN) dan Polri.
 
“Tim gabungan masih bekerja,” ujarnya.
 
Sebelumnya, Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber) Bareskrim Polri ikut tergabung dalam tim terpadu yang dibuat pemerintah untuk mengusut soal hacker Bjorka.
 
 
Dedi mengatakan, pihaknya akan memberikan informasi lanjutan jika sudah ada informasi dari penyidik siber Bareskrim Polri.
 
“Nunggu update-nya dari Dirttipisiber juga,” ujarnya.
 
Menko Polhukam, Mahfud MD, menyatakan bahwa gambaran soal hacker dengan nama alias Bjorka sudah diidentifikasi oleh BIN dan Polri.
 
Namun, Mahfud mengatakan, pihaknya belum dapat mengumumkan siapa sosok di balik Bjorka yang selama ini menjadi perbincangan.
 
 
"Kita terus menyelidiki karena sampai sekarang ini memang gambaran pelakunya sudah teridentifikasi dengan baik oleh BIN dan Polri, tetapi belum bisa diumumkan," ujar Mahfud MD dalam konferensi pers.
 
"Gambaran siapa dan di mananya itu kita sudah punya alat untuk melacak itu semua," ujarnya.
 
Diketahui, hacker bernama Bjorka menyerang sejumlah situs pemerintahan. 
 
Dia menjual data hasil pembobolan sejumlah situs pemerintah di internet.
 
 
Salah satu kebocoran data yang menggemparkan publik adalah tentang surat-surat Presiden Jokowi. 
 
Bjorka mengklaim telah mengantongi surat - surat dari BIN ke Jokowi dalam beberapa tahun terakhir. Namun, klaim itu dibantah BIN.***

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x