2 Bibit Siklon Tropis Timbulkan Potensi Hujan di Indonesia Hingga Besok, Jawa Barat Termasuk yang Terdampak

- 10 April 2023, 13:29 WIB
2 Bibit Siklon Tropis Timbulkan Potensi Hujan di Indonesia Hingga Besok, Jawa Barat Termasuk yang Terdampak
2 Bibit Siklon Tropis Timbulkan Potensi Hujan di Indonesia Hingga Besok, Jawa Barat Termasuk yang Terdampak /Twitter/ @infobmkg./
 

Berita KBB - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini cuaca hujan di wilayah Indonesia, dengan rentang waktu Minggu 9 April 2023 hingga Selasa 11 April 2023 esok.

Menurut laporan peringatan cuacanya, BMKG memantau adanya bibit siklon tropis 98S di tenggara Nusa Tenggara Timur, dengan kecepatan angin maksimum 35 knot atau 65 km/jam dan tekanan udara minimum 998 mb dan bergerak ke arah barat - barat daya.

BMKG juga memantau adanya bibit siklon tropis 90W di Samudra Pasifik sebelah timur Filipina, dengan kecepatan angin maksimum 15 knot atau 28 km/jam dan tekanan udara minimum 1010 mb, yang bergerak ke arah barat laut.

Baca Juga: Daftar Pemain FTV SCTV Diam Disangka Cupu Bergerak Klepek-Klepek Cintamu, Salah Satunya Ada Ridwan Ghani

Selain itu, sirkulasi siklonik juga terdeteksi di beberapa titik wilayah Indonesia yang membentuk daerah perlambatan angin dan pertemuan angin. Akibatnya, terjadi potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar bibit siklon tropis dan sirkulasi siklonik tersebut. 


Berikut daftar wilayah Indonesia yang berpotensi hujan dan angin kencang hingga Selasa 11 April 2023 esok hari sebagai dampak dari adanya bibit siklon tropis dan sirkulasi siklonik di Indonesia:


Potensi Hujan di Wilayah Indonesia, Senin 10 April 2023


Hujan lebat disertai petir dan angin kencang pada hari tersebut berpotensi terjadi di wilayah berikut:


Sumatra: Sumatera Utara, Sumatra Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, dan Lampung.


Jawa - Bali - Nusa Tenggara: Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.


Kalimantan: Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan.

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah