Hari Osteoporosis Sedunia: 15 Fakta Penyakit Senyap Penggerogot Tulang yang Jarang Disadari Pengidapnya

- 19 Oktober 2023, 11:48 WIB
Hari Osteoporosis Sedunia: 15 Fakta Penyakit Senyap Penggerogot Tulang yang Jarang Disadari Pengidapnya
Hari Osteoporosis Sedunia: 15 Fakta Penyakit Senyap Penggerogot Tulang yang Jarang Disadari Pengidapnya /Twitter/X
 

Berita KBB - Tanggal 20 Oktober diperingati secara internasional sebagai Hari Osteoporosis Sedunia atau World Osteoporosis Day. Berikut ini fakta-fakta tentang penyakit tulang tersebut yang belum banyak diketahui masyarakat awam, terutama yang mengidapnya.

Dikutip dari laman International Osteoporosis Foundation, Hari Osteoporosis Sedunia bertujuan meningkatkan kesadaran global akan pencegahan, diagnosis dan penanganan osteoporosis dan penyakit tulang serta otot lainnya yang berkaitan.

Osteoporosis sendiri merupakan kondisi di mana tulang menjadi tipis dan kehilangan kekuatan akibat berkurangnya kepadatan dan kualitas tulang. Hal ini dapat berimbas pada kerusakan tulang yang mengakibatkan kelumpuhan dan rasa sakit.

Baca Juga: Sinopsis Daftar Pemain Ftv Melawan Hukum Anak Mamih Kamis 19 Oktober 2023 Pukul 14.30 WIB

Osteoporosis sering disebut sebagai “penyakit senyap” karena banyak orang yang tidak tahu mereka mengidapnya, hingga akhirnya mereka mengalami patah tulang hanya karena jatuh sedikit atau terantuk sesuatu.


Kerusakan tulang akibat osteoporosis dapat mengubah kehidupan secara total, berdampak serius terhadap kualitas hidup, mobilitas, dan kemandirian.


Menurut IOF, osteoporosis merupakan penyakit yang sangat tidak mendapatkan diagnosa dan penanganan yang cukup. Jutaan orang di seluruh dunia memiliki risiko tinggi kerusakan tulang tanpa menyadarinya sama sekali.


Berikut ini beberapa fakta osteoporosis, penyakit senyap yang jarang disadari oleh pengidapnya, seperti dikutip dari campaign toolkit Hari Osteoporosis Sedunia 20 Oktober 2023.

Baca Juga: Daftar Rating Sinetron Kamis 19 Oktober 2023, Performa Cinta Tanpa Karena RCTI Jadi TOP 1 di Indo Saat Ini
  1. Di seluruh dunia, 1 dari 3 perempuan dan 1 dari 5 laki-laki berumur 50 tahun ke atas akan mengalami kerapuhan tulang akibat osteoporosis selama sisa hidupnya.

  2. Pada tahun 2050, keropos tulang pinggul pada laki-laki diprediksi meningkat hingga 310 persen dan pada wanita 240 persen dibandingkan pada tahun 1990.

  3. Osteoporosis menyebabkan lebih dari 8,9 juta keropos tulang setiap tahunnya di seluruh dunia. Ini berarti, tiap 3 detik ada keretakan tulang akibat penyakit ini.

Halaman:

Editor: Siti Mujiati


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x