Kampung Susu Lawu Singolangu, Wisata Gratis Kabupaten Magetan yang Bernuansa Pegunungan

- 6 Juni 2021, 14:43 WIB
Kampung Susu Lawu
Kampung Susu Lawu /Imananda Arifanny / Jurnalis/Berita KBB

BERITA KBB- Selasa, 1 Juni 2021 Berita KBB mengunjungi kawasan wisata Kampung Susu Lawu (KSL) di Desa Singolangu, Kabupaten Magetan.

Tepat pukul 06.00 WIB para peternak sapi perah berbondong-bondong membawa berliter-liter susu hasil perahan mereka menuju ke balai penampungan susu di dalam kawasan KSL.

Balai penampungan ini terletak tak jauh dari kandang sapi milik bersama. Ada empat ekor sapi yang dihibahkan Pemerintah Kabupaten Magetan untuk warga desa, sapi-sapi tersebut dipelihara di kawasan KSL. 

Baca Juga: Borobudur Jadi Pilot Project Pengembangan Destinasi Wisata yang Berkualitas

Untuk memenuhi kebutuhan susu sebagai bahan baku produksi kuliner khas desa ini, warga yang memiliki sapi perah ikut menyumbang hasil perahan mereka ke balai. Hasil perahan tadi akan dibuat menjadi dodol susu, permen susu dan minuman susu dengan berbagai olahan rasa.

Gerbang pendakian Gunung Lawu
Gerbang pendakian Gunung Lawu Liputan Berita KBB

Kampung Susu Lawu ini berada tepat di gerbang pendakian Gunung Lawu jalur klasik. Para pendaki yang melewati jalur klasik pasti akan melewati kawasan KSL. Suasananya amat sejuk dengan pemandangan khas pegunungan yang membentang dari Timur ke Barat.

Terdapat kolam ikan yang cukup luas di sini. Isinya berupa ikan hias warna warni yang menyejukkan pandangan mata. Dibangun pula air terjun mini untuk sirkulasi udara di sisi kiri kolam ikan.

Baca Juga: Api Tak Kunjung Padam, Destinasi Wisata Unik di Madura

Kampung Susu Lawu
Kampung Susu Lawu Berita KBB

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah