Ratusan Unggas di KBB Mati Mendadak, Begini Ciri-Ciri Hewan yang Terkena Flu Burung

- 4 Desember 2020, 13:14 WIB
ILUSTRASI ayam, unggas, flu burung.*
ILUSTRASI ayam, unggas, flu burung.* /PIXABAY/

BERITA KBB – Ratusan unggas milik warga Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat (KBB) mati mendadak diduga akibat terkena virus flu burung.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinas Perikanan dan Peternakan KBB, Wiwin Apriyanti mengaku mengetahui kejadian tersebut berawal dari laporan masyarakat.

Wiwin mengatakan, untuk memastikan penyebab kematian ratusan unggas tersebut pihaknya langsung melakukan tes. Hasilnya menunjukkan bahwa unggas ini terpapar virus flu burung.

Baca Juga: Hampir Bersamaan Meletus, Apakah Gunung Ili Lewotolok, Merapi dan Semeru Saling Terkait?

Baca Juga: Ingat! Batas Akhir Pelatihan Kartu Prakerja 15 Desember, Simak Cara Daftar Agar Insentif Cair

“Ada sekitar 100 unggas yang mati dari 250 populasi di sana. Itu berasal dari beberapa pemilik di Cihampelas,” ujar Wiwin saat dihubungi Berita KBB, Jumat, 4 Desember 2020.

Selanjutnya, menurut Wiwin, pihaknya meminta agar pemilik unggas mengontrol populasi ternaknya. Jika ada lagi unggas yang mati mendadak, agar segera dilaporkan kepada petugas untuk dilakukan penanganan.

“Sebab, unggas yang terinfeksi kemungkinan besar akan mati. Seperti kasus yang terjadi saat ini, satu ayam yang terinfeksi cepat menyebar ke kawanannya dalam satu kandang/satu tempat permainan, akhirnya mati semua,” jelasnya.

Baca Juga: TERHARU! Ini 5 Pengakuan Masa lalu BLACKPINK Bisa Buat Kamu Nangis

Halaman:

Editor: Cecep Wijaya Sari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x