BMKG Meminta Warga Bandung Barat, Kota Bandung, Cimahi Waspadai Potensi Gempa dari Patahan Sesar Lembang

- 25 Januari 2021, 09:32 WIB
FOTO udara sebagian kawasan Bandung utara. Rencananya akan dibangun waterboom di sesar Lembang.*
FOTO udara sebagian kawasan Bandung utara. Rencananya akan dibangun waterboom di sesar Lembang.* /ANTARA/

BERITA KBB-Warga Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Bandung, Kota Bandung dan Kota Cimahi diminta untuk mewaspadai adanya potensi gempa bumi dari pergerakan sesar Lembang. Pasalnya, berdasarkan informasi yang diberikan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), diprediksi akan terjadi gempa akibat patahan sesar Lembang pada tahun 2021.

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Bandung Teguh Rahayu mengatakan bahwa kewaspadaaan perlu ditingkatkan karena potensi gempa Sesar Lembang cukup besar dan kuat. Hal ini kata Teguh berdasarkan sejarah gempa di masa lalu.

"Sesar Lembang secara historis merilis kegempaan sekitar 500 tahun lalu. Berdasarkan data, pergerakan terjadi antara magnitudo 6,9 sampai 7,0 di tahun 1600," ucap Teguh dalam webinar seperti pada berita Desk Jabar berjudul BMKG Minta Warga Sekitar agar Waspada Adanya Potensi Gempa Akibat Aktivitas Sesar Lembang, Minggu 24 Januari 2021.

Baca Juga: Kisah Sadako Sasaki dan Keluarganya yang Terdampak Bom Hiroshima Segera Diangkat Menjadi Film

Baca Juga: Jadwal TV SCTV, Senin 25 Januari 2021, Buku Harian Seorang Istri, Love Story, Samudra Cinta

Dia menambahkan, potensi itu dikemukakan bukan untuk menakut-nakuti hanya saja perlu diwaspadai dan diantasipasi mengingat potensi gempa bumi dari pergerakan Sesar Lembang bisa saja terjadi.

"Kita harus waspada dan berdampak di wilayah Cimahi, Lembang dan Kota Bandung, aktif terecord tahun 2010 - Tahun 2012 ada 14 event magnitude di bawah lima," ujarnya.


Teguh Rahayu mengatakan, selain Sesar Lembang ada juga beberapa sesar di Jabar yang berpotensi mengalami pergerakan. Namun, hal ini disebutkannya masih belum bisa diketahui secara persis mana yang akan bergerak dalam tahun 2021 ini.

Baca Juga: Jadwal TV RCTI, Senin 25 Januari 2021, Ikatan Cinta, Lanjut Indonesian Idol Spektakuler

Baca Juga: Sinopsis Ikatan Cinta 25 Januari 2021, Nino Selidiki Pembunuh Roy, Elsa Takut Ketahuan

"Kita tidak bisa memprediksi sesar mana yang bergerak, semua berpotensi bergerak, aktivitas terakhir pada 1600 ada Sesar Lembang," ucapnya.

Selain sesar yang berpotensi bergerak pada tahun 2021 ini, perairan di wilayah Jabar selatan juga berpotensi terjadi bencana alam tsunami. Ia meminta, untuk masyarakat yang tinggal di wilayah pesisir dan tepi pantai dapat selalu melihat prediksi cuaca.

"Kita sudah koordinasi, baik dari Pangdam III Siliwangi dan jajarannya dengan bapak Gubernur Jabar untuk meningkatkan kewaspadaan terkait potensi tsunami di selatan Jabar," ungkapnya.

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky

Sumber: Desk Jabar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x