Tes MBTI: 16 Tipe Kepribadian, Penjelasan Hingga Link Gratis Tes Kepribadian Secara Online

- 12 Juli 2022, 13:16 WIB
Tes MBTI: 16 Tipe Kepribadian, Penjelasan Hingga Link Gratis Tes Kepribadian Secara Online
Tes MBTI: 16 Tipe Kepribadian, Penjelasan Hingga Link Gratis Tes Kepribadian Secara Online /Namastest

 
BERITA KBB - The Myers Briggs Indicator atau biasa disingkat menjadi MBTI adalah metode pengukuran yang digunakan untuk membaca kepribadian seseorang, khususnya untuk memahami bagaimana seseorang menilai sesuatu dan membuat keputusan.
 
Menurut The Myers Briggs Company, perusahaan di California yang menangani MBTI, hampir 1,5 juta orang mengikuti MBTI test secara online setiap tahun.
 
The Myers-Briggs Type Indicator lahir dan dikembangkan oleh Kathrine Cook Briggs dan putrinya. 
 
 
Carl Gustav Jung menjelaskan bahwa kepribadian ini dibagi melalui empat dimensi sifat dasar manusia, yaitu dimensi pemusatan perhatian yang terdiri dari Extrovert (E) vs Introvert (I), dimensi memahami informasi dari luar yang terdiri dari Sensing (S) vs Intuition (N), dimensi menarik kesimpulan dan keputusan yang terdiri dari Thinking (T) vs Feeling (F), lalu dimensi pola hidup yang terdiri dari Judging (J) vs Perceiving (P).
 
Nah, dari empat dimensi sifat tersebut dikombinasikan hingga menghasilkan 16 kepribadian. Apa saja sih 16 kepribadian menurut tes MBTI tersebut?
 
Sebelum kita mulai ke pembahasan, kamu bisa tes kepribadian mbti-mu disini : https://www.16personalities.com/id/tes-kepribadian
 
 
16 Tipe Kepribadian Menurut MBTI
 
1. INTJ (Introvert, Intuitif, Berpikir, Menilai)
 
Komitmen yang kuat untuk kemerdekaan diri sendiri mendorong kamu melakukan cara apa pun. Tidak ada yang membuat kamu lebih tidak nyaman daripada ide untuk mengandalkan orang lain. 
 
Tetapi kamu juga tidak membiarkan diri terjebak dalam hal itu. Sebaliknya, kamu tetap berpikiran maju dan cerdas, juga berpegang teguh pada standar tinggi yang konsisten.
 
2. INTP (Introvert, Intuitive, Thinking, Perceiving)
 
Inventif dan kreatif, kamu membawa perspektif unik untuk semua yang dilakukan dan semua orang yang ditemui. Jika ada satu kata yang menggambarkan dirimu, yang cocok adalah "penasaran". 
 
Keinginanmu untuk memahami banyak hal seolah tidak ada habisnya. Kamu memiliki kemauan intelektual untuk terus bekerja pada suatu masalah sampai menemukan solusi.
 
 
3. ENTJ (Ekstrovert, Intuitif, Berpikir, Menilai)
 
Kharisma dan kepercayaan diri membuat kamu secara alami mampu menjadi pemimpin. Beberapa orang melihat kamu keras kepala, tetapi pada kenyataannya, kamu hanya menolak untuk mengikuti aturan kecuali memang memahami dan setuju dengan aturan itu.
 
Tetaplah berani dan pilih nasibmu sendiri, tapi jangan lupa untuk mempertimbangkan perasaan orang lain meski kamu menjunjung tinggi rasionalitas.
 
4. ENTP (Extrovert, Intuitive, Thinking, Perceiving)
 
Tidak ada yang kamu sukai selain debat yang penuh semangat, dan itu karena pikiran tajammu terus menerus mendambakan tantangan berikutnya.
 
Kecerdasan dan logika membuat kamu menjadi lawan yang tangguh bagi siapa pun yang berani menghadapi dirimu.
 
Pastikan untuk menyalurkan bakat untuk membela keadilan, sehingga tidak ada yang akan bisa berdebat dengan pendirianmu.
 
5. INFJ (Introvert, Intuitif, Merasa, Menilai)
 
Tidak ada yang membuatmu terpesona lebih dari orang lain dan mencari tahu apa yang membuat mereka tergerak. Meskipun kamu sebenarnya bersikap hati-hati, rasa ingin tahu mengalahkan segalanya ketika disajikan dengan misteri yang bagus.
 
Kamu mencari informasi sebelum membuat keputusan dan mempertimbangkan apa yang mungkin ada di sekitar sebelum mulai mengerjakannya.
 
6. INFP (Introvert, Intuitive, Feeling, Perceiving)
 
Kamu kreatif dan idealis, serta punya bakat untuk melihat sesuatu dengan cara baru. Itu berarti kamu sering melihat potensi orang lain yang mungkin tidak mereka lihat sendiri.
 
Sangat sensitif dan perseptif, kamu selalu menjadi orang pertama yang memperhatikan jika ada sesuatu yang berubah.
 
7. ENFJ (Ekstrovert, Intuitif, Merasa, Menilai)
 
Orang - orang tertarik pada kepribadianmu yang kuat dan bakat untuk berkomunikasi. Orang - orang dengan senang hati mengikuti kepemimpinanmu menuju tujuan bersama.
 
Kamu juga tidak takut menerima perubahan jika itu berarti memperbaiki cara yang selalu dilakukan.
 
8. ENFP (Ekstrovert, Intuitif, Perasaan, Persepsi)
 
Kamu antusias, hangat, dan optimis. Ketika merasakan sesuatu, kamu menikmatinya dengan dalam. Sisi romantis memudahkan kamu menyalurkan energi untuk mencapai tujuan yang tidak dapat diatasi.
 
Pintar bernegosiasi, kamu dapat memenangkan siapa pun dengan kepositifan dirimu yang menular dan menawan.
 
9. ISTJ (Introvert, Sensing, Thinking, Judging)
 
Kamu bertindak cepat berdasarkan naluri, karena semuanya berasal dari satu keinginan.
 
Seorang pekerja yang sangat keras, tekun, dan dorongan menjamin bahwa setiap tugas yang kamu lakukan menjadi hasil terbaik. Naluri pelindungmu juga begitu kuat.
 
10. ISFJ (Introvert, Sensing, Feeling, Judging)
 
Kamu menemukan kepuasan dalam diri dan menggunakan keterampilan itu untuk menciptakan kedamaian dan harmoni di lingkungan.
 
Tapi, kamu juga menghargai kesetiaan dan kebaikan. Keyakinan kamu pada impian dan kerja keras, memastikan bahwa suatu hari nanti, hari baik akan datang dengan senyuman.
 
11. ESTJ (Extrovert, Sensing, Thinking, Judging)
 
Jujur dan berdedikasi, integritasmu mempengaruhi semua yang kamu lakukan. Mencapai tujuan adalah penting bagimu, tetapi tidak lebih penting daripada bagaimana mencapainya.
 
Kamu lebih suka bekerja keras untuk mencapai sesuatu daripada menyerahkannya tanpa menghasilkan.
Martabat dan etos kerja itu bergabung untuk membuat kamu cocok secara alami untuk memimpin.
 
12. ESFJ (Ekstrovert, Sensing, Feeling, Judging)
 
Ketika ada masalah, kamu adalah orang pertama yang secara sukarela membantu. Kamu hanya dipenuhi dengan belas kasih dan cinta yang tulus untuk orang lain.
 
Orang - orang tertarik pada kepribadianmu yang ramah dan sifat suportif. Juga kesetiaan kamu memastikan bahwa begitu memiliki teman, mereka adalah teman seumur hidup.
 
13. ISTP (Introvert, Sensing, Thinking, Perceiving)
 
Kamu sangat ingin menjelajah, dan pikiran bijaksana mendorongmu untuk memimpikan hal - hal yang belum pernah dialami. Kamu juga menikmati privasi dan cukup senang menghibur diri sendiri.
 
Tapi ketika bertemu seseorang pada suatu waktu, kamu selalu ramah dan siap untuk berbagi senyum.
 
14. ISFP (Introvert, Sensing, Feeling, Perceiving)
 
Kamu suka menjelajahi lingkungan baru, dan optimisme memastikan bahwa kamu dapat menemukan keindahan dalam segala hal, bahkan ketika orang lain tidak.
 
Kehalusan mungkin tidak cocok untukmu, tetapi di sisi positifnya, begitulah cara teman dan keluarga tahu bahwa kamu mencintai mereka.
 
15. ESTP (Extrovert, Sensing, Thinking, Perceiving)
 
Meskipun kamu impulsif, kecerdasan membuat kamu sulit membuat keputusan yang buruk.
 
Tradisi tidak berarti apa - apa bagi jika kamu tidak setuju dengan itu. Kamu sering bicara terus terang dan tidak ragu untuk mengungkapkan pendapat.
 
16. ESFP (Extrovert, Sensing, Feeling, Perceiving)
 
Hidup tidak pernah membosankan di sekitarmu. Kamu memiliki tekad untuk melihat sisi cerah yang tidak dapat dirusak oleh hutan yang paling gelap sekalipun.
 
Kamu suka menyanyi, menari, dan berbagi antusiasme alami untuk hidup dengan orang - orang di sekitar. Hanya saja, jangan membuat kesalahan dengan mengambil apel dari sembarang orang.***
 

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah