Profil Chef Arnold Juri MasterChef yang Menjadi Juru Masak Para Presiden di KTT G20

- 16 November 2022, 10:10 WIB
Profil dan Biodata Arthur Miles Poernomo, Anak Chef Arnold yang Datang di Junior MasterChef Indonesia 2022
Profil dan Biodata Arthur Miles Poernomo, Anak Chef Arnold yang Datang di Junior MasterChef Indonesia 2022 / instagram/@arthurmile.po
 
BERITA KBB - Pria yang memiliki nama asli Arnold Poernomo ini lahir di Surabaya, 19 Agustus 1988 ini merupakan anak pertama dari tiga bersaudara. Kedua adiknya bernama Ronald Poernomo dan Reynold Poernomo. Chef Arnold lahir dan besar di tengah - tengah keluarga pecinta masak.
 
Ayahnya, Junarmo Poernomo, berasal dari Manado namun telah lama menetap di Kupang. Sedangkan ibunya, Boyke Malada, merupakan seorang koki. Neneknya pun seorang pemilik restoran dan koki. Hal inilah yang menjadikan Chef Arnold sangat mencintai dunia memasak dan kuliner.
 
Kecintaan Arnold terhadap dunia kuliner ternyata berasal dari keluarganya. Arnold tumbuh di keluarga yang sudah menggeluti dunia kuliner sejak lama. 
 
 
Awalnya, Arnold tak ada keinginan untuk terjun ke dunia kuliner. Namun, ketika berusia sepuluh tahun, ia dan keluarganya memutuskan pindah ke Sydney, Australia. Sejak itulah impian pria berumur 32 tahun ini berubah 
 
Kemampuan dan teknik memasak yang Arnold miliki ternyata murni ia dapatkan secara otodidak. Pria yang kini sudah menjadi ayah ini tak pernah mengikuti sekolah memasak ataupun sertifikasi resmi sebagai chef.
 
Pengalaman pertamanya terjun ke dunia kuliner saat ia berada di Sydney, Australia, dengan menjadi junior kitchen hand di kafe dekat rumahnya. 
 
Pekerjaan tersebut mengharuskan Arnold membersihkan dapur, termasuk mencuci piring.
 
Bermula dari hanya mencuci piring, Arnold akhirnya memberanikan diri untuk mencoba pekerjaan lain. Misalnya menjadi barista, pelayan, hingga bartender, hingga akhirnya bisa menjadi koki terkenal seperti sekarang.
 
Pada tahun 2010, Arnold kembali ke Indonesia setelah mendapatkan tawaran untuk bekerja di restoran di Jakarta Selatan.
 
Keputusan tersebut ternyata membuka peluang beras bagi kariernya. Ia sempat menjadi juri tamu pada MasterChef Indonesia musim kedua dalam episode ProChef Challenge.
 
Setelah penampilannya yang memukau, Arnold kembali diundang dalam acara adu bakat memasak tersebut. Namun, bukan lagi sebagai tamu, melainkan sebagai juri tetap MasterChef Indonesia.
 
Posisi tersebut masih ia pegang hingga kini bersama dua koki ternama lainnya, yakni Juna Rorimpandey dan Renata Moeloek. 
 
 
Sejak saat itulah namanya semakin tenar dan kerap disandingkan dengan koki legendaris Indonesia lainnya.
 
Tak mau puas dengan hasil yang diraih, Arnold melebarkan kesuksesannya dengan berbisnis di bidang kuliner. 
 
Pada tahun 2016, ia bersama sang istri memutuskan membuka kedai es krim di Surabaya, yakni Bebini Gelati.
 
Ia juga membuka restoran lainnya. Seperti Laci Restaurant di Bali dan Nomz Kitchen & Pastry di Jakarta. 
 
Baru - baru ini, pria asli Surabaya ini pun berkolaborasi dengan putra sulung Presiden RI Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka, membuka kedai bernama Mangkokku pada tahun 2019.
 
Selain memiliki usaha kuliner di dalam negeri, Arnold juga memiliki bisnis yang dirintis bersama keluarga di Sydney, Australia. Namanya KOI Dessert Bar & Dining dan Monkey's Corner. 
 
Ia membangun usaha tersebut bersama dua saudara kandungnya, Ronald Poernomo dan Reynold Poernomo.***
 
 
 
 

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x