Hari Vegetarian Sedunia: Apa Bedanya Vegan dan Vegetarian?

- 1 Oktober 2023, 17:42 WIB
Hari Vegetarian Sedunia: Apa Bedanya Vegan dan Vegetarian?
Hari Vegetarian Sedunia: Apa Bedanya Vegan dan Vegetarian? /

 

BERITA KBB - Hari Vegetarian Sedunia diperingati setiap tanggal 1 Oktober sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran tentang manfaat kesehatan, sosial, dan lingkungan dari pola makan tanpa daging. Namun, banyak orang yang masih bingung tentang perbedaan antara vegan dan vegetarian. Apakah kedua istilah ini sama atau berbeda? Berikut penjelasannya.

 

Vegan dan vegetarian adalah dua istilah yang menggambarkan pola makan berbasis nabati, yaitu mengkonsumsi  makanan yang berasal dari tumbuhan dan menghindari produk hewani. Namun, ada beberapa perbedaan mendasar antara vegan dan vegetarian, baik dari segi asal kata, jenis makanan, hingga gaya hidup.

 

Asal Kata Vegan dan Vegetarian

Istilah vegetarian pertama kali digunakan secara resmi oleh Joseph Brotherton pada September 1847 di Northwood Villa, Kent, Inggris. Joseph mengemukakan istilah tersebut saat pertemuan pengukuhan dari Vegetarian Society Inggris. Kata vegetarian berasal dari kata Latin vegetus yang berarti hidup, segar, atau semangat.

 Baca Juga: Hari Lanjut Usia Internasional, Ini Negara dengan Populasi Lansia Terbanyak

Sementara itu, istilah vegan diciptakan oleh Donald Watson pada November 1944 di Leicester, Inggris. Donald adalah salah satu pendiri dari Vegan Society Inggris. Kata vegan diambil dari awal dan akhir kata vegetarian yang berarti nabati.

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x