Dampak Negatif Dari Kawasan Industri, Komisi II DPRI Jabar: Harus Ada Solusinya

- 22 Februari 2022, 12:25 WIB
Dampak Negatif Dari Kawasan Industri, Komisi II DPRI Jabar: Harus Ada Solusinya
Dampak Negatif Dari Kawasan Industri, Komisi II DPRI Jabar: Harus Ada Solusinya /pixabay/ NikkiGoCom
 
BERITA KBB- Dampak negatif dari adanya kawasan Idustri harus dicarikan solusi agar tidak berdampak pada manusia dan lingkungan sekitarnya.
 
Hal tersebut disampaikan oleh Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat (Jabar), saat memberikan pengarahan kegiatan pada Forum Perangkat Daerah Disperindag Se-Jawa Barat.
 
Sebagimana BERITA KBB lansir dari laman berita ANTARA, Ketua Komisi II DPRD Jabar, Rahmat Hidayat menyampaikan langsung persoalan tersebut.
 
 
Komisi II DPRD Jabar menilai keberadaan kawasan industri bukan hanya memberi dampak positif melainkan berdap negarif juga.
 
"Bahwa keberadaan kawasan industri seperti di Karawang dan daerah lainnya di Jawa Barat tentunya mengandung dampak positif dan dampak negatif yang  harus disikapi dengan jujur oleh kita semua serta harus kita carikan jalan keluar atau solusinya. Jangan ditutup-tutupi bolong-bolongnya," kata Rahmat Hidayat.
 
Rahmat menuturkan pada dasarnya ada banyak manfaat positif yang bisa dirasakan oleh semua pihak, jika di daerahnya ada pembangunan kawasan industri.
 
 
"Dampak positif yang dirasakan oleh masyarakat dengan adanya kawasan industri ialah peluang kerja dan perubahan pola hidup masyarakat dalam pemajuan pembangunan yang searah dengan cita-cita bangsa yang merdeka," kata dia.
 
Salah satu dampak negatif dari kawasan industri di Jabar yang harus dicarikan solusinya seperti masalah limbah industri yang mencemari Sungai dan akses jalan yang rusak akibat mobilitas kendaraan.
 
"Lalu akses listrik untuk warga yang rumahnya hanya tersekat tembok dengan kawasan industri. Dan juga akses jalan masyarakat sekitar yang harus melingkar untuk mencapai pusat pendidikan, pasar dan akses untuk beraktivitas keseharian itu merupakan dampak dari kawasan industri," kata dia.
 
 
Pada forum perangkat daerah ini, dihadiri para kepala dinas perindustrian dan perdagangan se-Jawa Barat, Bapenda dan tokoh masyarakat.
 
Hidayat menegaskan bahwa setiap warga negara yang merdeka harus senantiasa mengarahkan pembangunan ini pada cita-cita bangsa yang adil, makmur, dan sejahtera untuk warga pada umumnya. ***
 

Editor: Siti Mujiati

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah