Viral! Beredar Video Parodi Lagu Indonesia Raya yang Liriknya Mengandung Unsur Hinaan

- 28 Desember 2020, 06:43 WIB
Parodi lagu Indonesia Raya yang Berisi Hinaan.
Parodi lagu Indonesia Raya yang Berisi Hinaan. /Instagram.com/@polisiraya/

BERITA KBB- Baru-baru ini, mayarakat Indonesia dikejutkan oleh sebuah video yang beredar di dunia maya. Pasalnya, video tersebut menunjukkan lagu Indonesia Raya diubah total liriknya dan  mengandung unsur penghinaan. Video tersebut dinyanyikan ke dalam bahasa melayu, sehingga muncul dugaan bahwa pengunggahnya berasal dari Malaysia.

Video tersebut pertama kali diunggah dua minggu lalu oleh akun YouTube MY Asean. Dalam video yang berdurasi sekira 1,31 menit  tersebut, lambang pancasila yang seharusnya burung garuda diubah menjadi gambar ayam. Tak hanya itu, lirik lagu Indonesia Raya pun diubah total dengan nada penghinaan.

Baca Juga: Pemkot Bandung Dukung Seniman Berekspresi

Baca Juga: Arti Tato di Tubuh Chef Renatta Moeloek, Salah Satunya Bunga Kecombrang, Ada Maknanya

Dalam video itu, lirik lagu diawali dengan suara ayam berkokok, dengan aransemen lagu yang sangat mirip aslinya, seperti dikutip Berita KBB dari postingan Instagram @polisiraya yang diunggah pada Minggu 27 Desember 2020.

Di sepanjang video, latar belakang bendera merah putih ditimpal dengan dua anak yang tampak sedang buang air seni. Semntara di tengah-tengah terdapat ayam berlambang Pancasila.

Singkatnya, lirik lagu tersebut berisin hinaan terhadap bangsa Indonesia dan mencap-nya sebagai bangsa sial dan mundur. Selain itu, nama Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan mantan presiden Soekarno pun turut diparodikan.

Baca Juga: Keterlaluan, Disangka Babi Hutan Oleh Majikannya TKI di Malaysia Ditembak, Begini Kronologinya

Hal ini sontak menuai kritikan para warganet yang merasa geram  dengan pelaku penggubah lirik lagu tersebut.

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky

Sumber: YouTube Instagram


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah