Komnas HAM Akan Memanggil Kembali Tim Siber dan Labfor Polri Hingga Ajudan Ferdy Sambo

- 31 Juli 2022, 21:36 WIB
Komnas HAM Akan Memanggil Kembali Tim Siber dan Labfor Polri Hingga Ajudan Ferdy Sambo
Komnas HAM Akan Memanggil Kembali Tim Siber dan Labfor Polri Hingga Ajudan Ferdy Sambo /ANTARA
 
 
BERITA KBB - Komnas HAM bakal memeriksa asisten rumah tangga dan Aide de camp (ADC) atau ajudan Kadiv Propam nonaktif Irjen Pol Ferdy Sambo, hingga petugas kesehatan yang tes PCR Ferdy Sambo. Permintaan keterangan akan dilakukan pada Senin, 1 Agustus 2022.
 
Komnas HAM juga akan memeriksa orang - orang terdekat Ferdy Sambo dan istrinya. Namun, Komnas HAM belum memberikan keterangan lebih lanjut siapa saja orang - orang di sekitar Sambo yang akan diperiksa.
 
Anam menegaskan, Komnas HAM juga bakal mengecek balistik dan DNA, serta hal lain yang diperlukan untuk mengungkap peristiwa tersebut.
 
 
Anam juga mengatakan bakal kembali memanggil dokter forensik Polri, yang melakukan autopsi pertama terhadap jenazah brigadir J di RS Polri Kramat Jati. 
 
Namun belum diketahui kapan agenda pertemuan Komnas HAM dengan dokter forensik berlangsung.
 
Sebelumnya, Wakil Ketua DPR RI Fraksi Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, mengingatkan agar Komnas HAM bekerja sesuai peraturan perundang -.undangan dalam kasus kematian Brigadir J, dan menghindari publikasi media massa yang berlebihan.
 
 
Dasco mengatakan Komnas HAM seharusnya fokus menyusun kesimpulan akhir dari penyelidikan yang dilakukan, dan menyusun rekomendasi yang akan ditindaklanjuti pemerintah.
 
Sesuai dengan tupoksinya, kata dia, Komnas HAM semestinya bisa memberikan titik terang adanya dugaan pelanggaran HAM dalam kasus kematian Brigadir J.
 
Dari hasil temuan itu, barulah Komnas HAM bisa memberikan rekomendasi pada pemerintah untuk melakukan tindak lanjut penegakan hukum.***
 

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x