Membuat Strategi Branding yang Tepat Untuk Produk Indikasi Geografis, Perhatikan Identitas Brand

- 23 Agustus 2023, 17:06 WIB
Membuat Strategi Branding yang Tepat Untuk Produk Indikasi Geografis, Perhatikan Identitas Brand
Membuat Strategi Branding yang Tepat Untuk Produk Indikasi Geografis, Perhatikan Identitas Brand /

BERITA KBB - IPTalks Brand (H)ours #8
Strategi Branding Produk Indikasi Geografis
Pelaksanaan IP Talks “Brand (H)ours” seri kedelapan mengangkat “Strategi Branding Produk Indikasi Geografis”. Sejak sistem pelindungan Indikasi Geografis diterapkan di Indonesia hingga saat ini, sebanyak 132 produk IG telah terdaftar di Indonesia. Terdapat 117 produk dari dalam negeri dan 15 produk dari luar negeri.

Berdasarkan data yang ada di DJKI, terdapat kecenderungan peningkatan permohonan Indikasi Geografis dari tahun ke tahun, selain itu masih banyak potensi produk-produk khas daerah yang dapat didaftarkan sebagai Indikasi Geografis. Potensi tersebut merupakan anugerah bagi bangsa Indonesia agar dapat dimanfaatkan dan digunakan sebagai aset penggerak ekonomi.

Webinar IP Talks Brand (H)ours kali ini dilaksanakan pada Hari Rabu, 23 Agustus 2023 pada pukul 09.30 WIB hingga selesai.
Webinar ini dimulai dengan sambutan dari Kurniaman Telaumbana, SH, M.Hum (Direktur Merek dan Indikasi Geografis) dan menghadirkan berbagai pembicara dari para expert di bidang branding, diantaranya adalah Arto Biantoro (CEO Gambaran Brand), Nurmala Martin (Trade/Business Development Expert), dan Alfonsa Horeng (MPIF Tenun Ikat Sikka Flores)
Webinar IP Talks Brand (H)ours ini terbuka untuk umum dan diikuti oleh para pengusaha, brand agency, perwakilan Masyarakat pemilik indikasi geografis, praktisi, peneliti/akademisi, instansi-instansi terkait pelindungan KI, hingga konsultan KI.

Baca Juga: Tegak Lurus Bersama Ganjar Pranowo, Alumni Unpad Balad Ganjar Dampingi Projo Jabar Pasang 100 Baliho di Jabar

Para Narasumber menyampaikan materi yang terkait dengan bagaimana cara membentuk image branding produk Indikasi Geografis yang baik, merancang strategi branding dan marketing, media/tools apa saja yang dapat dimanfaatkan dalam melakukan branding dan marketing, serta best practices branding dan marketing dari produk IG atau UMKM yang ada di Indonesia/luar negeri.

Selain itu dihadirkan juga praktisi langsung dari MPIG Tenun Ikat Sikka, yang membagikan strategi mereka selama ini dalam melakukan branding dan marketing produk Tenun Ikat Sikka.

Indikasi Geografis itu merupakan suatu tanda yang menunjukkan daerah asal suatu barang dan/atau produk yang karena faktor lingkungan geografis termasuk faktor alam, faktor manusia atau kombinasi dari kedua faktor tersebut memberikan reputasi, kualitas, dan karakteristik tertentu pada barang dan/atau produk yang dihasilkan.

Baca Juga: Daftar Rating Acara TV 22 Agustus 2023: Magic 5 Gagal Naik Ke Top 10 Meski Tayang Jam 17.00, Apa Sebabnya?

Berdasarkan fungsinya, Indikasi Geografis memiliki fungsi yang sama dengan merek yaitu sebagai tanda yang menunjukkan asal suatu barang dan tanda pembeda yang digunakan dalam perdagangan. Dengan demikian antara indikasi geografis dan merek memiliki keterkaitan yang sangat dekat.

Halaman:

Editor: Siti Mujiati


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x