Mengapa Informasi Prakiraan Cuaca di Aplikasi Smartphone Sering Meleset? BMKG Ungkap Penyebabnya

- 19 Oktober 2023, 19:56 WIB
Berikut penyebab informasi prakiraan cuaca di aplikasi smartphone sering meleset dan tak akurat menurut BMKG.
Berikut penyebab informasi prakiraan cuaca di aplikasi smartphone sering meleset dan tak akurat menurut BMKG. /Syahrial /

 

Berita KBB - Informasi prakiraan cuaca yang disajikan berbagai aplikasi di smartphone tidak jarang meleset dan kurang akurat dari kondisi yang terjadi. Terkait hal ini, Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati menjelaskan penyebabnya.

 

Dalam siaran pers yang diterima Berita KBB Kamis 19 Oktober 2023, Dwikorita menyebut penyebab tidak akuratnya prakiraan cuaca yang disajikan aplikasi smartphone adalah sumber data dan informasi yang bersifat global dan bukan berasal dari BMKG.

 

"Tidak sedikit masyarakat yang menganggap data dan informasi yang diberikan berasal dari BMKG karena menampilkan informasi seputar cuaca di Indonesia. Padahal setelah ditelusuri data dan informasi tersebut bersumber dari institusi di luar Indonesia," ujar Dwikorita di Jakarta, Rabu 18 Oktober 2023.

Baca Juga: Anda Senang dan Hobi Menonton? Hati-Hati Terkenal Binge-Watching, Ini Cara Mengatasinya

Dirinya menambahkan, informasi prakiraan cuaca di Indonesia dikeluarkan secara resmi oleh BMKG, yang merupakan satu-satunya institusi resmi Indonesia yang berwenang untuk memberikan informasi prediksi cuaca bagi masyarakat Indonesia, sebagaimana UU No. 31 Tahun 2009, tentang Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika.

 

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah