Anda Senang dan Hobi Menonton? Hati-Hati Terkenal Binge-Watching, Ini Cara Mengatasinya

- 19 Oktober 2023, 19:40 WIB
Anggota Komisi VI DPR RI dari Partai Demokrat, H.E. Herman Khaeron, mengajak jurnalis Cirebon untuk menonton bersama film 'Air Mata di Ujung Sajadah'.
Anggota Komisi VI DPR RI dari Partai Demokrat, H.E. Herman Khaeron, mengajak jurnalis Cirebon untuk menonton bersama film 'Air Mata di Ujung Sajadah'. /IST /

BERITA KBB -Saat ini, menonton acara TV secara berlebihan sudah menjadi hal yang normal di masyarakat sehingga banyak orang menghabiskan sepanjang hari untuk menonton musim terbaru This Is Us tanpa berpikir dua kali.

Pertanyaannya adalah, apakah kebiasaan menonton kita berdampak lebih besar pada diri kita daripada yang kita kira? Dalam beberapa tahun terakhir, layanan streaming online seperti Netflix, Hulu, dan Amazon Video semakin populer. Menurut Pew Research, 61% anak muda (usia 18-29 tahun) menonton TV melalui layanan streaming, bukan kabel.

Forbes melaporkan pada bulan Maret lalu bahwa secara resmi terdapat lebih banyak orang yang membayar layanan streaming dibandingkan orang yang membayar layanan TV kabel. Masuk akal jika layanan streaming akan mengambil alih TV kabel pada tahun 2019.

Baca Juga: Tren Pulang Sebelum Waktunya: Bahaya Meromantisasikan Bunuh Diri

Budaya kita mengidolakan respons dan kepuasan instan, yang mampu diberikan oleh layanan streaming ini. Kebutuhan akan kepuasan instan telah meluas dari menonton satu atau dua episode hingga seluruh musim pertunjukan.

Meskipun menonton pesta bisa menjadi hal yang menyenangkan pada saat itu, apa saja dampaknya terhadap kita?

Pertama-tama, binge-watching dapat memengaruhi tidur dan energi kita. Menurut studi tahun 2017 di Journal of Clinical Sleep Medicine, menonton berlebihan dapat menyebabkan kualitas tidur yang buruk, peningkatan kelelahan, dan bahkan gejala insomnia.

Sebagai mahasiswa, ini mungkin hal lumrah yang kita sering temui dan terjadi pada diri kita, terutama ketika kita memiliki begitu banyak hal lain yang mengganggu tidur kita.

Binge-watching juga dapat memengaruhi kesehatan mental kita. Universitas Toledo menemukan bahwa orang yang binge-watching melaporkan tingkat stres, kecemasan, dan depresi yang lebih tinggi. Jadi, mengapa menonton acara TV favorit kamu secara berlebihan lebih banyak merugikan daripada menguntungkan?

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah