Mengoptimalkan Drone Saat Terjadi Bencana

- 12 Oktober 2020, 20:31 WIB
Bencana Banjir di Sumatra Barat
Bencana Banjir di Sumatra Barat /Humas BNPB

BERITA KBB – Teknologi drone atau pesawat tanpa awak sangat membantu dalam membuat analisis dampak bencana. Analisis dapat dengan cepat dan mudah, setelah foto atau video udara dihasilkan dari lokasi bencana untuk membantu pengambil kebijakan melakukan sebuah keputusan cepat.

Pengetahuan dan pemahaman aturan yang berlaku harus dimiliki setiap operator drone. Ini menjadi dasar sehingga pemanfaatan drone dalam kebencanaan menjadi optimal. Pemahaman aturan dalam menggunakan drone sangat penting karena berkaitan dengan keamanan publik.

Mengambil gambar dengan drone saat banyak orang di bawah tidak boleh menurut peraturan internasional, karena berpotensi membahayakan mereka. Hal tersebut disampaikan oleh Fotografer Senior Arbain Rambey saat berdiskusi secara virtual dalam Forum Komunikasi Data Kebencanaan pada Senin 12 Oktober 2020.

Baca Juga: Ini Penyebab 4.029 peserta CPNS gagal di tahapan penting SKB !

“Tipsnya memotret kisaran 20 meter ke bawah, dan pada pagi/sore hari agar terlihat warna dan estetika yang bagus serta menghindari memotret pada siang hari. kecuali saat memotret bencana, karena yang dibutuhkan informasi yang terjadi saat itu dan dapat dilakukan kapanpun. ” ujarnya di forum yang dihadiri 385 peserta dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) provinsi se-Indonesia, komunitas drone, kementerian/lembaga lain dan masyarakat umum lainnya.

Arbain menyampaikan bahwa dalam pemanfaatan drone, operator harus dapat memanfaatkan kemampuan terbangnya tanpa melanggar peraturan.

Keunggulan dengan pesawat tanpa awak yakni memotret dari arah yang tidak terjangkau dalam kondisi normal. Kita mampu untuk melihat lanskap dari atas sehingga memberikan informasi lebih banyak.

Baca Juga: Ini Respon Mengejutkan Netizen Komentari Unggahan Puan Maharani di Instagram soal UU Cipta Kerja

Pada kesempatan tersebut, Arbain juga menyampaikan mengenai logika dasar terkait dengan perekaman dan pemotretan agar gambar dapat dimengerti bagi yang berkepentingan, seperti titik yang menjadi fokus pemotretan, arah pengambilan gambar, kemiringan kamera, ketinggian dan menghitung jarak antar titik pemotretan dengan jelas.

Arbain memberikan tips saat penggunaan drone dalam kebencanaan,”Jangan pelit untuk memotret. Ambillah gambar sebanyak yang dapat diambil.” ungkapnya.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x