Tingkatkan Kiprah dan Peran Perempuan Milenial dalam Pembangunan Awali dengan Identifikasi Potensi dan Situasi

- 6 Mei 2021, 16:42 WIB
Kepala BPS Provinsi Jawa Barat, Dyah Anugrah Kuswardani, MA saat memberikan sambutan pada webinar dengan tema “Kiprah Perempuan Milenial dalam Pembangunan”, Kamis, 6 Mei 2021.
Kepala BPS Provinsi Jawa Barat, Dyah Anugrah Kuswardani, MA saat memberikan sambutan pada webinar dengan tema “Kiprah Perempuan Milenial dalam Pembangunan”, Kamis, 6 Mei 2021. /Humas BPS Jabar/M Rikiansyah/

BERITA KBB - Jumlah generasi milenial di Jawa Barat hasil Sensus Penduduk 2020 mencapai 12,65 juta jiwa dan hampir separuhnya adalah perempuan (49,23%).

Hal itu disampaikan oleh Kepala BPS Provinsi Jawa Barat, Dyah Anugrah Kuswardani, MA saat memberikan sambutan pada webinar dengan tema “Kiprah Perempuan Milenial dalam Pembangunan”, Kamis, 6 Mei 2021. 

Webinar yanh dilaksanakan oleh Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Barat itu, untuk memberikan gambaran komprehensif terkait kiprah perempuan milenial dalam pembangunan. 

Baca Juga: Wapres Ma’Ruf Amin Luruskan Kontroversi Wisata Syariah: Tentu Kita Ingin Hilangkan Persepsi yang Salah 

Dari sisi pendidikan, rata-rata lama sekolah perempuan milenial Jawa Barat mencapai 10,11 tahun.

"Perempuan milenial yang tamat SMA dan Perguruan Tinggi sebesar 45,27%, dan sisanya masih tamatan SMP ke bawah (54,73%)", tambah Dyah. 

Dalam paparannya, Dyah menyampaikan beberapa tujuan pelaksanaan webinar, yaitu : menyosialisasikan pemanfaatan data yang dihasilkan BPS kepada masyarakat Indonesia seperti SP2020, Sakernas dan Susenas; memberikan gambaran partisipasi perempuan dalam pendidikan dan perekonomian; mendiseminasikan data-data BPS dikaitkan dengan hari kartini dan hari pendidikan nasional; serta memberikan motivasi kepada kaum perempuan untuk berpartisipasi dalam menggerakkan perekonomian.

Baca Juga: Melihat Anaknya Rizky Febian Memasak Untuk Sahur Bagi Pagawainya, Ini Respon Marah Sule: Saya Hukum Mereka

Sedangkan profil generasi milenial yang disampaikan menunjukkan masih adanya kesenjangan antara perempuan dan laki-laki milenial, serta antara perempuan milenial di perkotaan dan perdesaan.

Plt Kepala DP3AKB Siska Gerfianti menyampaikan program yang dilakukan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam pemberdayaan perempuan di Jawa Barat selama ini sudah berjalan.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x