Jawa Barat Miliki 42 Titik Sport Tourism

- 23 Mei 2024, 22:47 WIB
Dokumentasi Cycling de Jabar, salah satu sport tourism yang rutin digelar di Jawa Barat
Dokumentasi Cycling de Jabar, salah satu sport tourism yang rutin digelar di Jawa Barat /Humas Jabar

BERITA KBB - Berdasarkan hasil pendataan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Jawa Bara tahun 2021, wilayah Jabar terdapat 42 titik _sport tourism_ yang potensial seluruhnya untuk dikembangkan.

Menurut Kepala Dispora Jabar Asep Sukmana, 42 titik _sport tourism_ itu tersebar di 14 kabupaten dan kota, yaitu Kota dan Kabupaten Bogor, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Subang, dan Kabupaten Bandung Barat.

Tujuh titik lainnya, Kabupaten Bandung, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Garut, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Tasikmalaya, dan Kabupaten Pangandaran.

Baca Juga: TPST Babakan Siliwangi Bakal Jadi Pusat Wisata Edukasi Pengelolaan Sampah di Kota Bandung

"Wilayah Jabar yang dijadikan tempat _sport tourism_ semakin bertambah di setiap tahunnya sebagai akibat dari suksesnya penyelenggaraan olahraga di daerah pada tahun-tahun sebelumnya," kata Asep di Kota Bandung, Rabu (22/5/2024).

Ia menuturkan, berdasarkan hasil pemetaan yang telah dilakukan, beberapa jenis yang masuk kategori _sport tourism_ di Jabar difokuskan pada 11 jenis olahraga.

"Dalam rangka mengangkat _sport tourism_ di Jawa Barat, ada 11 jenis olahraga yang dapat dilaksanakan berdasarkan karakteristik geografis yang dimiliki tiap daerah,” ungkapnya.

Baca Juga: Econique Menerima Kunjungan Ambassador Goes to Kampung KB dari 8 Negara di Wisata De Djawatan

Asep menyebut, 11 jenis olahraga itu meliputi bersepeda, _climbing_, arung jeram, _scuba diving_, golf, _surfing_, _hiking_, triatlon, motokros, paralayang, dan lari.

Dari 11 jenis olahraga tersebut dapat dilaksanakan di beberapa kondisi geografis yang dimiliki Jabar, seperti pegunungan untuk _hiking_, lari, triatlon, bersepeda, dan _climbing_.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah