Cerita Sukses Petani Asal Lembang, Pernah Panen Tomat Cuma Hingga Rp 1 M Lebih

- 17 September 2022, 22:08 WIB
Cerita Sukses Petani Asal Lembang, Pernah Panen Tomat Cuma Hingga Rp 1 M Lebih
Cerita Sukses Petani Asal Lembang, Pernah Panen Tomat Cuma Hingga Rp 1 M Lebih /Miradin Syahbana /

 

Berita KBB - Usep Saepudin (41) warga asal Desa Suntenjaya, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) membagikan suka dukanya menjadi seorang petani.

Ceritanya sunggu inspiratif dimana ia kini terbilang sukses menjadi seorang petani. Bahkan, ia pernah hanya dalam sekali panen sayuran tomat bisa mendapat cuan Rp 1 miliar lebih.

Usep menceritakan, ia mulai bertani sejak tahun
tahun 2001 saat masih berada di tanah kelahirannya di Cupunagara, Kabupaten Subang Subang. Ia lalu melanjutkan perjuangannya saat pindah ke Desa Suntenjaya, Lembang setelah menikahi warga setempat.

Baca Juga: Istrinya Siap Maju di Pilgub Jabar, Kang Aher Bilang Begini

Saat itu Usep menyewa lahan warga sekitar dengan luasan sekitar 100 tumbak atau 1.400 meter persegi. Ia menanam berbagai jenis sayuran seperti tomat, cabai, burkoli dan lainnya yang memang biasa tumbuh subur di wilayah pegunungan.

"Saya jadi petani itu dari nol. Saya ngalami suka dukanya, gagal panen dan sebagainya," tutur Usep, belum lama ini.

Namun, Usep sadar betul bawah kegagalan bukanlah akhir dari perjuangan. Bahkan bisa menjadi awal dari sebuah kesuksesan.

"Begitu saya gagal, langsung saya evaluasi apa penyebabnya. Apakah dari hama, bibit atau apa. Itu harus detail," ujar Usep.

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x