Sarasehan Pancasila mengisi Rangkaian Peringatan HUT RI ke 78 di Kecamatan Parongpong KBB

- 15 Agustus 2023, 14:57 WIB
Riani Pusparini Soedarmo Pendiri & Pembina Yayasan Moja Abimantra bersama narasumber saresehan Wawan Gunawan (Jaka Tarub ) & Teriska Rahardjo (UPI)
Riani Pusparini Soedarmo Pendiri & Pembina Yayasan Moja Abimantra bersama narasumber saresehan Wawan Gunawan (Jaka Tarub ) & Teriska Rahardjo (UPI) /

BERITA KBB-Perkembangan zaman yang cepat tanpa sekat menjadi tantangan bagi bangsa Indonesia dalam membentengi pengaruh dan budaya luar, yang saat ini mulai menggerus nilai-nilai dan norma kemasyarakatan.

Ideologi Pancasila dengan nilai-nilai yang terkandung sebagai kerangka dasar dalam berbangsa dan bernegara, tentunya harus terus dilestarikan, dipahami dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Atas hal tersebut, Pemerintahan Kecamatan Parongpong bersama Yayasan Moja Abimantra berkolaborasi menggelar Saresehan dengan tema Pancasila Sebagai Landasan Kehidupan Berbangsa di Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang dilaksanakan di Aula Kecamatan Parongpong, Senin 14 Agustus 2023.

Baca Juga: Sinopsis Bhagya Lakshmi ANTV Selasa, 15 Agustus 2023: Licik! Malishka Sengaja Membuat Lakshmi Cemburu

Camat Parongpong Herman Permadi mengatakan, kegiatan yang digelar selain bagian dari rangkaian memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78, juga berangkat dari keprihatinan dengan situasi saat ini, dimana mulai lunturnya pengamalan nilai-nilai Pancasila di tengah masyarakat.

“Salah satu contoh kecil dapat kita lihat, masalah budi pekerti, adab dan sopan santun di kalangan generasi muda sudah mulai pudar dan ini menjadi perhatian yang harus dibenahi agar memegang teguh nilai-nilai yang telah disepakati bersama,” katanya, Senin 14 Agustus 2023.

Lebih jauh Herman menjelaskan, Indonesia dengan berbagai latar belakang budaya, suku dan bahasa yang berbeda-beda sudah diikat dan dipersatukan oleh Pancasila yang sejauh ini terbukti mampu bertahan dari dampak globalisasi.

Baca Juga: Komitmen Purnakarya PTPN Jabar Dan Banten, Kawal Realisasi Pembayaran SHT Dengan Tidak Melakukan Longmarch

Peserta saresehan Pancasila dari Relawan Jaringan Rakyat Untuk Ganjar (JURAGAN) berphoto bersama Narasumber
Peserta saresehan Pancasila dari Relawan Jaringan Rakyat Untuk Ganjar (JURAGAN) berphoto bersama Narasumber

Halaman:

Editor: Siti Mujiati


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x