Manfaat Daun Kelor untuk Vitalitas Pria Serta Efek Sampingnya

- 9 Desember 2021, 06:04 WIB
Manfaat Daun Kelor untuk Vitalitas Pria Serta Efek Sampingnya
Manfaat Daun Kelor untuk Vitalitas Pria Serta Efek Sampingnya /Pexels



BERITA KBB - Daun kelor atau Moringa oleifera memiliki banyak manfaat, khususnya untuk vitalitas pria.

Dilansir BERITA KBB dari laman healthline, bahwa sebagian besar manfaat yang terkait dengan kelor terbatas pada penelitian tabung dan hewan, karenanya mungkin tidak diuji coba ke manusia.

Meskipun demikian, banyak manfaat kesehatan tanaman kelor yang dipelajari dan menjanjikan khusus untuk pria.

Berikut adalah 4 manfaat potensial kelor untuk pria, serta informasi tentang keamanan dan efek sampingnya.

Baca Juga: Profil, Biodata dan Fakta Jeff Smith, Artis yang Tertangkap Kembali Terkait Penggunaan Narkoba

1. Dapat meningkatkan kesehatan prostat

Biji dan daun kelor kaya akan senyawa yang mengandung belerang yang disebut glukosinolat, yang mungkin memiliki sifat antikanker.

Studi tabung telah menunjukkan bahwa glukosinolat dari biji tanaman dapat menghambat pertumbuhan sel kanker prostat manusia.

Ini juga berspekulasi bahwa kelor dapat membantu mencegah hiperplasia prostat jinak (BPH).

Kondisi ini biasanya menjadi lebih umum seiring bertambahnya usia pria dan ditandai dengan pembesaran prostat, yang dapat membuat sulit buang air kecil

Baca Juga: Mengenal Sriracha Kuliner Pedas Khas Thailand Serta Manfaat Buat Kesehatan

2. Dapat meringankan disfungsi ereksi

Disfungsi ereksi (DE) adalah ketidakmampuan untuk mendapatkan atau mempertahankan ereksi yang cukup kuat untuk berhubungan seks.

Kondisi ini sering terjadi ketika ada masalah dengan aliran darah, yang mungkin diakibatkan oleh tekanan darah tinggi, kadar lemak yang tinggi dalam darah, atau kondisi tertentu seperti diabetes.

Daun kelor mengandung senyawa tanaman bermanfaat yang disebut polifenol, yang dapat meningkatkan aliran darah dengan meningkatkan produksi oksida nitrat dan menurunkan tekanan darah.

Baca Juga: SIMAK Prediksi Line Up Persib vs Persebaya, Duel Perang Dulur yang Selalu Berjalan Sengit

3. Dapat meningkatkan kesuburan
Pria

Diperkirakan menyebabkan atau berkontribusi pada masalah infertilitas pada sekitar 40% kasus, dengan berkurangnya produksi sperma dan masalah dengan motilitas sperma menjadi salah satu penyebab paling umum.

Daun dan biji kelor merupakan sumber antioksidan yang sangat baik, yang dapat membantu memerangi kerusakan oksidatif yang dapat mengganggu produksi sperma atau merusak DNA sperma.

4. Dapat meningkatkan kontrol gula darah

Diabetes tipe 2 adalah suatu kondisi yang terjadi ketika tubuh Anda tidak menghasilkan cukup insulin atau tidak dapat menggunakannya secara efisien.

Insulin adalah hormon yang diproduksi oleh pankreas Anda yang menurunkan kadar gula darah setelah makan.

Kondisi ini lebih sering terjadi pada pria daripada wanita. Ini mungkin karena pria cenderung menyimpan lebih banyak lemak berbahaya di sekitar daerah perut mereka yang dikenal sebagai lemak visceral, yang menurunkan efektivitas insulin, sehingga meningkatkan risiko diabetes.

Baca Juga: SIMAK Prediksi Line Up Persib vs Persebaya, Duel Perang Dulur yang Selalu Berjalan Sengit


Keamanan dan efek samping

Sejarah panjang kelor digunakan dalam pengobatan herbal dan sebagai makanan menunjukkan bahwa tanaman tersebut kemungkinan aman.

Studi telah melaporkan tidak ada efek samping pada orang yang mengkonsumsi 50 gram bubuk daun dari tanaman sebagai dosis tunggal atau 7 gram setiap hari selama 90 hari.

Pria yang telah mengurangi kadar testosteron atau menggunakan obat untuk tekanan darah atau kontrol gula darah harus berkonsultasi dengan dokter.

Cara aman mengonsumsi daun kelor, yaitu dengan dijadikan lauk sebagai sayur atau daunnya bisa dikeringkan lalu dijadikan teh.***

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Healthline


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x