Bahaya Microsleep Bisa Sebabkan Kecelakaan, Bagaimana Cara Mengatasinya?

- 13 April 2024, 06:02 WIB
Awas Bahaya Microsleep Saat Berkendara, Kenali Gejalanya dan Siapkan Cara Mengatasinya
Awas Bahaya Microsleep Saat Berkendara, Kenali Gejalanya dan Siapkan Cara Mengatasinya /Istimewa/

BERITA KBB- Lebaran idul fitri 2024 adalah momen yang paling dinantikan masyarakat, terutama umat muslim untuk menggelar mudik ke kampung halaman.

Tak hanya hari besar agama Islam, lebaran idul fitri juga menjadi hari libur nasional atau cuti bersama. Sehingga, antusias masyarakat untuk liburan sangatlah tinggi.

Termasuk mengakibatkan kemacetan yang panjang ketika arus mudik dan arus balik lebaran idul fitri 2024 di sejumlah titik.

Kondisi jalan yang ramai inilah, harus menjadi perhatian pemudik karena bisa menjadi penyebab kecelakaan lalu lintas. Terutama mempersiapkan kondisi fisik yang sehat dan bugar agar fokus berkendara.

Baca Juga: Sinopsis Daftar Pemain FTV Ilmu Padi Mbakku Makin Berisi Makin Jadian, Nabila Zavira dan Naufal Samudra

Salah satu penyebab banyaknya terjadi kecelakaan lalu lintas itu karena "microsleep" atau tidur singkat kurang dari 30 detik.

Kondisi ini membuat pengemudi tidak menyadarinya saking cepatnya "microsleep" tersebut. Bayanya, microsleep itu ternyata bisa menyebabkan kecelakaan.

Sebab, jika pengendara mengalamai "microsleep" saat berkendara dengan kecepatan 96km/jam, kendaraan yang dikemudikan akan keluar jalur sampai sejauh 100m.

Sehingga inilah yang berpotensi mengalami kecelakaan lalu lintas. Lantas, apa saja penyebab microsleep? Simak informasi berikut ini.

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah