Selain Menambah Aroma Masakan, Berikut Manfaat Jahe Bagi Kesehatan

- 26 Februari 2022, 19:57 WIB
Gambar tumbuhan jahe- Makanan super bantu kurangi depresi, salah satumya jahe.
Gambar tumbuhan jahe- Makanan super bantu kurangi depresi, salah satumya jahe. /Pixabay

 

BERITA KBB- Semua mengenal jahe sebagai bumbu masak karena bisa memberi aroma yang khas dan bisa menambah citarasa dengan cenderung rasa hangat atau pedas.

Tanaman jahe (Zingiber officinale) memiliki Tekstur rimpang jahe terasa padat, kasar, dan memiliki lurik dapat berwarna kuning, putih, atau merah.

Jahe pun kerap kali digunakan sebagai obat karena gingerol bermanfaat sebagai senyawa dengan efek anti-inflamasi yang kuat, sehingga membantu meredakan peradangan.

Baca Juga: Jadwal Pertandingan BRI Liga 1 Pekan ke-28, Ada Super Big Macth Persib VS Persija

Baca Juga: Akun Instagram Baby A, Ameena Hanna Nur Atta, Putri Atta Halilintar Diserbu Lebih dari 200 Ribu Pengikut

Jahe juga sarat dengan antioksidan, yaitu senyawa yang dapat mencegah stres dan kerusakan tubuh serta melawan penyakit kronis, seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan penyakit paru-paru. Merujuk studi oleh Yasmin Anum Mohd Yusof dalam “Advances in Experimental Medicine and Biology”,

Beberapa diantara manfaat jahe:

1. Mencegah kanker ovarium. Kandungan senyawa dalam jahe telah diteliti dapat mencegah kanker ovarium. Sebuah penelitian dalam jurnal “BMC Complementary Medicine and Therapies” menunjukkan bahwa manfaat jahe dapat menghentikan pertumbuhan sel kanker ovarium.

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x