Musim Hujan Tiba, Berikut Ini Tips Menghilangkan Bau Apek Pada Cucian

- 8 Maret 2022, 11:08 WIB
Ilustrasi jemuran
Ilustrasi jemuran /PEXELS/cottonbro


BERITA KBB- Musim hujan menjadi kendala dalam mencuci pakaian, selain susah kering, terkadang cucian menjadi bau apek dan tidak nyaman saat digunakan. Tidak mendapat sinar matahari yang cukup membuat baju tidak kering maksimal.

Bau apek pada cucian atau pakaian bisa disebabkan adanya bakteri dan kuman penyebab bau yang menempel pada serat-serat kain.
Berikut ini Tips yang bisa dijadikan acuan untuk menghilangkan bau apek pada cucian.
Mengenal petunjuk perawatan.  

Membaca petunjuk perawatan adalah hal pertama yang harus dilakukan sebelum mencuci pakaian, karena bahan yang berbeda akan memiliki cara perawatan berbeda. Pastikan  mengikuti petunjuk perawatan dengan benar.  
 
Baca Juga: Orang Ini Ledakan Lamborghini Huracan Seharga 6,3 Miliar Untuk NFT

Pastikan mesin cuci bersih .
Jika kamu menggunakan mesin cuci, masalah bau apek bisa saja berasal dari mesin cuci, terutama mesin cuci dengan bukaan pintu depan. Untuk itu, kita harus membersihkan mesin cuci minimal sebulan sekali.
 
Ini berfungsi mencegah terbentuknya jamur pada mesin cuci.
Caranya, menyalakan mesin cuci kosong dengan air panas dan dua cangkir pemutih. Setelah selesai, lap bagian dalam dan pintu mesin cuci, termasuk segel karet pada pintu mesin cuci.  

Pastikan pakaian bersih dari sisa detergen
Setelah pakaian selesai dicuci, pastikan detergent tidak ada yang tertinggal. Sebab, hal ini  dapat menimbulkan bau apek.  Caranya, kamu bisa membilas cucian berulang kali hingga benar-benar bersih dari sisa detergen. Kamu bisa memastikannya dengan melihat sisa air bilasan cucian. Jika masih berbusa, lakukan pembilasan sekali lagi.
 
Baca Juga: Sinopsis Sufiyana Selasa 8 Maret 2022, Zaroon Menolak Menikahi Kaynaat Karena Ini
 
Menggunakan Pewangi Pakaian.
Ini merupakan sebuah cara ampuh untuk membuat pakaian tidak bau apek. Gunakan pewangi pakaian Untuk menghindari bau apek pada cucian, kamu bisa menambahkan pewangi pakaian saat melakukan bilasan terakhir. Caranya, kamu hanya perlu merendam cucian di dalam pewangi selama lima sampai 10 menit, lalu keringkan.

Gantung di area terbuka
Saat musim hujan sulit menjemur dengan sinar matahari yang cukup. Namun demikian, kamu tidak bisa mengeringkan cucian di tempat tertutup. Menjemur di tempat tertutup akan membuat cucian makin lembab dan menimbulkan bau apek.  Tetap  mengeringkan pakaian di tempat terbuka walau tanpa matahari agar tetap mendapat sirkulasi udara yang baik.  

Beri jarak saat pengeringan
 Menjemur pakaian secara berdekatan akan membuat sirkulasi udara di sekitar cucian menjadi lembab dan berbau apek. Untuk itu, kamu harus memberi jarak antara pakaian yang satu dengan yang lainnya. Dengan begitu, pakaian bisa kering dengan baik meski pada musim hujan.  
 
Baca Juga: Dandan Mirip Pemeran Film Twilight, Tasya Farasya Dipuji netizen: Bella Swan Keturunan Timur Tengah

Menggunakan kipas angin.  
Jika terpaksa menjemur pakaian di dalam ruangan tertutup. Kamu bisa menggunakan kipas angin di rumah. Kipas angin akan membantu pakaian mendapatkan sirkulasi udara yang baik sehingga dapat mengering dengan baik.  

Gunakan baking soda  
Baking soda dapat menghilangkan bau apek pada karpet. Mencuci karpet pada musim hujan bisa membuatnya tidak kering selama berhari-hari. Gunakan baking soda untuk membantu menghilangkan bau apek pada karpet. Caranya, taburkan baking soda di atas karpet dan diamkan selama 10 menit. Setelah itu, bersihkan baking soda dengan penyedot debu dan biarkan karpet terkena angin hingga kering. ***

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah