Ingin Menjadi Dokter Hewan? Mari Kenali Profesinya Lebih Dalam yang Ternyata Masih Kekurangan Dokter

- 27 Maret 2022, 21:29 WIB
Dokter hewan cantik, Ciara Murphy. Mari Kenali profesi Dokter hewan
Dokter hewan cantik, Ciara Murphy. Mari Kenali profesi Dokter hewan /The Sun/

 

BERITA KBB- Kebutuhan standar dokter hewan di Indonesia setidaknya mencapai 70 ribu orang dokter hewan, namun pada kenyataanya di Indonesia hanya ada 20 ribu orang dokter hewan saja.

Padahal, tidak hanya untuk hewan, hadirnya dokter hewan ini berperan penting dalam pencegahan berbagai penyakit hewan yang dapat menular ke manusia (disebut juga zoonotik), seperti rabies, antraks, leptospirosis, juga flu burung.

Seorang Dokter Hewan akan memberikan vaksin kepada hewan-hewan untuk langkah pencegahan penularan penyakit tersebut ke manusia.

Baca Juga: Plt Walikota Bandung Yana Mulyana Siap Audiensi Dengan NPCI Kota Bandung Terkait Dukungan di Perparprov Jabar

Baca Juga: Macam-macam Nama Kucing Beserta Artinya, Salah Satunya Nama Kucing Piaraan Rasulullah

Profesi Dokter Hewan atau disebut juga medik veteriner bertugas mencegah, memeriksa, mengobati, dan melakukan perawatan pada hewan agar terbebas dari penyakit.

Selain itu juga bertanggung jawab terhadap kesehatan hewan, berperan dalam meningkatkan kesejahteraan hewan, serta kesehatan masyarakat veteriner.

Ruang lingkup dokter hewan adalah menangani hewan pangan, hewan peliharaan, satwa liar termasuk untuk konservasi, hewan aquatik atau air untuk pangan dan konservasi, hewan laboratorium untuk ilmu kedokteran manusia dan ilmu pengetahuan lainnya.

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x