Ikan Koki Terkenal Mudah Mati, Ternyata Ini Penyebab dan Jenis Yang Sebaiknya Dipilih

- 23 Juli 2023, 20:17 WIB
Ilustrasi ikan Koki.
Ilustrasi ikan Koki. /Unsplash/Hannah jones

Berita KBB- Ikan Koki menjadi salah satu jenis ikan yang memiliki sangat banyak peminat. Di sisi lain ikan satu ini terkenal memiliki perawatan yang cukup sulit. Oleh karenanya tidak jarang meskipun suka, tidak sedikit orang yang jadi ragu-ragu untuk mengadopsi ikan hias yang satu ini.

Dikatakan umurnya bisa tahan sampai belasan tahun. Pada kenyataannya justru banyak pemilik ikan koki yang mengeluh. Ikan dibeli dalam keadaan kondisi fisiknya yang sehat, tetapi belum satu pekan, bahkan hanya dalam hitungan 2-3 hari ikan koki sudah ditemukan dalam keadaan mengambang di air. Ikan sudah mati.

Penyebab ikan Koki mudah mati sendiri memiliki banyak penyebab. Mulai dari buruknya kualitas air, pemberian makan yang berlebihan, karena parasit, akibat bakteri TB hingga karena infeksi bakteri.

 Baca Juga: Mau Sepatu Kesayangan Awet, Mulai Terapkan Tips Memilih-Merawat Ini Dari Sekarang!

Jenis Ikan Koki Yang Mudah Dipelihara

1.      Komet

Ikan koki komet memiliki kemiripan karakteristik dengan ikan mas yang biasa dikonsumsi. Ikan ini berwarna oranye cerah dengan tubuhnya yang ramping, dan siripnya yang menjuntai. Cukup mengeluarkan uang sekitar 5 ribu hingga 30 ribu, ikan ini sudah bisa dimiliki.

2.      Oranda

Tonjolan seperti rasberry yang hampir menutup seluruh bagian kepala menjadi ciri tersindiri ikan jenis ini. Selain memiliki ekor yang panjang nan cantik, ikan ini tidak mudah stres. Harga ikan Koki Oranda dengan corak oranye serta putih biasa sekitar 20 ribu hingga 35 ribu rupiah saja.

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x