Mengenal Kepribadian INFJ, Sosok Introvert yang Kreatif dan Peka

- 21 September 2023, 19:07 WIB
Mengenal Kepribadian INFJ, Sosok Introvert yang Kreatif dan Peka
Mengenal Kepribadian INFJ, Sosok Introvert yang Kreatif dan Peka /Pixabay/

 

 

BERITA KBB - Kepribadian adalah ciri-ciri psikologis yang membedakan seseorang dari orang lain. Ada berbagai cara untuk mengukur dan mengklasifikasikan kepribadian, salah satunya adalah dengan menggunakan tes Myers-Briggs Type Indicator (MBTI). Tes ini mengelompokkan orang ke dalam 16 tipe kepribadian berdasarkan empat dimensi, yaitu:

-          Extraversion (E) atau Introversion (I): menunjukkan sumber energi seseorang, apakah dari interaksi sosial atau dari waktu sendiri.

-          Sensing (S) atau Intuition (N): menunjukkan cara seseorang memproses informasi, apakah dari fakta dan detail atau dari ide dan konsep.

Baca Juga: LASK Linz vs Liverpool: Prediksi, Jadwal, dan Cara Menonton

-          Thinking (T) atau Feeling (F): menunjukkan cara seseorang membuat keputusan, apakah dengan logika dan analisis atau dengan emosi dan nilai-nilai.

-          Judging (J) atau Perceiving (P): menunjukkan cara seseorang menghadapi dunia luar, apakah dengan terstruktur dan terorganisir atau dengan fleksibel dan spontan.

 

Salah satu tipe kepribadian yang termasuk dalam MBTI adalah INFJ, yang merupakan singkatan dari Introversion, Intuition, Feeling, dan Judging. Tipe ini disebut juga sebagai The Advocate atau Sang Penasihat, karena mereka memiliki idealisme tinggi dan peduli terhadap kesejahteraan orang lain. Berikut adalah beberapa karakteristik utama dari kepribadian INFJ:

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: berbagai sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x