Unik, Ini Alasan Sutradara Garap Film Kutukan Peti Mati

- 20 Juni 2023, 12:15 WIB
/Istimewa/

BERITA KBB - Trailler official film Kutukan Peti Mati persembahan Balai Pustaka yang di produksi oleh Adroit Indonesia tayang secara eksklusif di channel Youtube Cinema 21 pada Selasa, 20 Juni 2023 tepat pukul 12.00 WIB. 

Film besutan sutradara Irham Acho Bahtiar ini diangkat dari novel Sarchophagus Onrust yang menceritakan tentang tragedi sejarah yang pernah terjadi di Kepulauan Onrust. Hal tersebut menjadi salah satu alasan kuat Acho – sapaan akrab - saat diminta untuk menggarap film perdana dari Balai Pustaka. Sebelumnya, Acho telah menggarap beberapa film dengan genre komedi. 

“Sebenarnya saya menghindari beberapa genre horor yang horor murni seperti pocong-pocongan, kuntil anak begitu. Justru yang saya dapatkan di cerita ini di novel Sarcophagus Onrust ini suatu horor yang unik. Yang tidak seperti horor lainnya,” ungkapnya.  

Baca Juga: Ketinggalan Nonton Indonesia vs Argentina? Ada Siaran Ulangnya, Cek Jadwal RCTI Selasa 20 Juni 2023 Berikut

Lebih lanjut, Acho menjelaskan ketertarikannya terhadap film Kutukan Peti Mati karena memiliki jalan cerita yang unik. Memadukan sebuah sejarah yang pernah terjadi dan sebuah cerita fiksi menjadi film yang menarik untuk layak ditonton dan dinikmati oleh penikmat film nantinya.

“Nah itu yang menurut saya di Indonesia jarang diangkat. Adanya unsur fantasi itu yang saya suka, dan tidak terlalu banyak hantu-hantu yang biasanya apa ya orang bilang sudah terlalu biasa begitu. Kalau disini ceritanya lebih banyak menjual tentang misteri teka-teki; dan punya hantu-hantu yang cukup unik yang jarang ada. Itu yang membuat saya tertarik waktu melihat cerita ini,” ucapnya.

Film yang digarap pada pertengahan tahun 2019 lalu ini tidak hanya menampilkan pemain muda seperti Yoriko Angeline (Susan), Aliff Alli (Bram), Cristina Danilla (Maria Van de Velde), dan Eryck Amaral (Jan Koenraad). Jjaran pemain pemain senior juga terlibat dalam film ini seperti Donny Damara (Prof. Daniel), Dewi Rezer (Prof. Tarina), Mathias Muchus (Pak Ibrahim Kakek Susan), Egi Fedly (Hasan), Ray Sahetapy (Dr. Victor). dan Wina Marino (Ibunda Susan).

Baca Juga: Daftar Rating Sinetron Selasa, 20 Juni 2023, Takdir Cinta Yang KUPILIH SCTV Tembus 21 Share!

Bagi Acho, bisa mengarahkan langsung para pemain muda dan senior adalah hal yang menyenangkan. Dirinya juga mengatakan tidak menemukan kesulitan saat di lokasi syuting. Namun Acho tidak memungkiri kesulitan yang dihadapi saat mengarahkan para pemain figuran.  

“Hampir satu bulan mereka latihan, kita berikan acting coach juga setiap hari untuk melatih mereka. Yang justru menurut saya sulit adalah ketika mengarahkan para pemeran figuran orang asing. Orang-orang asing itu cukup banyak disini. Jumlahnya puluhan hingga ratusan. Semua dibawa ke Pulau Onrust dan mereka di-briefing disana. DI karenakan Onrust itu pulaunya agak jauh jadi harus mengnginap. kita akhirnya mendirikan tenda-tenda seperti tenda tantara. Semua menginap disitu di tenda itu,” akunya.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x