Kim Bum Akan Memerankan Sosok Komarudin Di Film Tanah Air Kedua, Begini Kisah Asli Yang Chil-Seong

- 1 September 2023, 07:35 WIB
Potret Monokrom ala Aktor Kim Bum. Kim Bum Akan Memerankan Sosok Komarudin Di Film Tanah Air Kedua, Begini Kisah Asli Yang Chil-Seong
Potret Monokrom ala Aktor Kim Bum. Kim Bum Akan Memerankan Sosok Komarudin Di Film Tanah Air Kedua, Begini Kisah Asli Yang Chil-Seong /Instagram @k.kbeom/

 

BERITA KBB – Di balik lembaran sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia, tersembunyi kisah menarik tentang seorang pejuang tak kenal lelah yang datang dari negeri jauh yaitu Korea.

Nama yang mungkin belum begitu dikenal luas, Komarudin adalah sosok pahlawan yang berjuang bersama rakyat Indonesia dalam meraih kemerdekaan.

Lahir dengan nama asli Yang Chil-seong pada 29 Mei 1919 di Kabupaten Wanju, Provinsi Jeolla, Korea.

Baca Juga: Ada Udang Dibalik Batu di Pembentukan Pansus DPRD KBB terkait Rotasi dan Mutasi Pejabat, Ingin Naikkan Pokir?

Komarudin memiliki perjalanan hidup yang tak lazim. Awalnya, ia diangkat sebagai penjaga tawanan tentara sekutu oleh pemerintah kolonial Jepang di Bandung pada tahun 1942.

Saat itu, baik Korea ataupun Indonesia  sama-sama terjajah oleh Jepang.

Setelah Indonesia dan Korea memproklamirkan kemerdekaan pada tahun 1945, Yang Chil-seong memutuskan untuk tidak kembali ke tanah airnya.

Ia memilih untuk tetap tinggal di Indonesia dan mengubah namanya menjadi Komarudin setelah memeluk agama Islam.

Keputusan ini mengawali peran pentingnya dalam perjuangan bangsa Indonesia.

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Wikipedia


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x