BMKG: Waspada Cuaca Ekstrem di Sumatera, Jawa Hingga Papua 7 Hari Ke Depan, Ini Daftar Provinsi Terdampak

- 14 November 2023, 12:44 WIB
BMKG: Waspada Cuaca Ekstrem di Sumatera, Jawa Hingga Papua 7 Hari Ke Depan, Ini Daftar Provinsi Terdampak
BMKG: Waspada Cuaca Ekstrem di Sumatera, Jawa Hingga Papua 7 Hari Ke Depan, Ini Daftar Provinsi Terdampak /
 

 

Berita KBB - Sebagian besar Sumatera, Jawa bagian barat dan tengah, sebagian besar Kalimantan, dan Papua berpotensi hujan sedang hingga lebat. Hal ini berdasarkan laporan peringatan dini cuaca ekstrem yang dirilis BMKG pada Senin 13 November 2023.


Menurut laporan tersebut, kondisi cuaca ekstrem ini merupakan pengaruh sirkulasi siklonik yang terpantau berada di sepanjang Semenanjung Malaysia-Teluk Thailand, Laut Cina Selatan dan Laut Sulu.


Sirkulasi siklonik ini membentuk daerah perlambatan kecepatan angin yang memanjang dari Samudra Hindia barat Aceh hingga Selat Malaka, Teluk Thailand, Kalimantan Utara, dari Laut Andaman hingga Selat Malaka, Laut Cina Selatan, Kalimantan Timur, dan Laut Sulu.

 

Baca Juga: Sinopsis Daftar Pemain Ftv Aku Bukan Anak Adopsi Selasa 14 November 2023 Pukul 08.30 WIB


Sirkulasi siklonik ini mampu menyebabkan peningkatan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar daerah-daerah tersebut.


Berdasarkan temuan ini, BMKG memprediksi potensi hujan sedang-lebat terdapat di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, dan Papua.


Selama kurun waktu tersebut, masyarakat diimbau agar waspada terhadap gejala cuaca ekstrem yang timbul berupa hujan lebat, hujan es atau angin puting beliung, dan dampak yang ditimbulkannya seperti banjir, tanah longsor, pohon tumbang, dan jalan licin.


Berikut sebaran potensi cuaca ekstrem hujan sedang-lebat di wilayah-wilayah tersebut selama sepekan ke depan. Perlu dicatat bahwa informasi berikut bersifat prakiraan, sehingga cuaca yang timbul bisa saja berbeda.

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x