Info Cuaca BMKG Senin-Selasa 20-21 November 2023, Hujan Deras Guyur Gorontalo, Kalimantan Utara Hingga Papua

- 20 November 2023, 10:23 WIB
Info Cuaca BMKG Senin-Selasa 20-21 November 2023, Hujan Deras Guyur Gorontalo, Kalimantan Utara Hingga Papua
Info Cuaca BMKG Senin-Selasa 20-21 November 2023, Hujan Deras Guyur Gorontalo, Kalimantan Utara Hingga Papua /Pexels/Dominika Roseclay/
 

Berita KBB - Penasaran bagaimana prediksi kondisi cuaca di seluruh Indonesia dalam kurun 2 hari ke depan? Simak info cuaca BMKG Senin-Selasa 20-21 November 2023 berikut ini.


Laporan peringatan dini cuaca 2 hari ke depan BMKG mengungkap sebagian besar wilayah Indonesia berpotensi diguyur hujan deras, termasuk di antaranya Gorontalo, Kalimantan Utara dan Papua.


Dalam narasinya, BMKG menjelaskan kondisi cuaca ini disebabkan oleh sirkulasi siklonik di Laut Cina Selatan utara Kalbar dan di Samudera Pasifik timur Filipina.

 

Baca Juga: Kunjungi Curug Leuwilayung, Pj Bupati Bandung Barat Arsan Latif Temukan Solusi Mencegah Kekeringan


Sirkulasi siklonik ini membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin yang memanjang di Laut Cina Selatan sekitar Kepulauan Riau, Kalbar bagian barat hingga timur, Filipina bagian Selatan dan Samudera Pasifik timur Filipina, yang dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan dan ketinggian gelombang laut di sekitar wilayah-wilayah tersebut.


Di wilayah Indonesia, terdapat daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin yang memanjang dari Sumatera Selatan hingga perairan timur Kepulauan Bangka Belitung, dari Kalimantan Tengah hingga Kalimantan Utara, dari Sulawesi Barat hingga Sulawesi Tengah. 


Selain itu, terpantau pula daerah pertemuan angin di laut Cina Selatan, Samudera Pasifik utara Papua dan perairan barat Aceh. Daerah pertemuan dan perlambatan angin ini dapat memicu terbentuknya awan hujan di wilayah-wilayah tersebut.


Provinsi mana saja yang berpotensi hujan deras pada awal pekan ini? Simak info cuaca BMKG Senin-Selasa 20-21 November 2023 di Indonesia berikut ini. Data di bawah ini merupakan prakiraan sehingga kondisi cuaca yang sebenarnya bisa saja berbeda.

 

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x