Sekolah Demokrasi Penting bagi Generasi Muda

- 29 November 2020, 20:17 WIB
 Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum membuka Sekolah Demokrasi bertema
Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum membuka Sekolah Demokrasi bertema /Humas Jabar

BERITA KBB - Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum membuka Sekolah Demokrasi bertema "Proses Formulasi Kebijakan dan Politik Anggaran Publik" yang berlangsung pada 29 November hingga 2 Desember 2020 di Villa Malaganti, Kabupaten Tasikmalaya, Minggu 29 November 2020.

Uu pun mengapresiasi kegiatan yang digelar Badan Koordinasi Himpunan Mahasiswa Islam (Badko HMI) Jabar ini karena sekaligus menjadi kaderisasi sebuah organisasi sehingga jati dirinya tidak akan hilang dari waktu ke waktu.

"Sebuah organisasi bahkan partai pun kadang-kadang akan hilang jati diri, identitas, dan idealismenya kalau tidak ada sebuah pendidikan-pendidikan yang ideal," kata Uu.

Baca Juga: Dampak Pandemi COVID-19, Kondisi Citarum Membaik

"Oleh karena itu, sebagai kesinambungan sebuah organisasi khususnya menjaga identitas jati diri, maka kegiatan hari ini sangat dibutuhkan," tambahnya.

Selain itu, Sekolah Demokrasi sangat penting untuk mengajarkan penerapan demokrasi dalam mengambil keputusan-keputusan politik.

"Oleh karena itu, sebagai generasi muda, jangan tabu dalam masalah perpolitikan," ucap Uu.

Baca Juga: Gatot Nurmantyo dan Habib Rizieq Bersatu, Rocky Gerung: Istana Kalang Kabut

Terkait tema yang diangkat yakni Proses Formulasi Kebijakan dan Politik Anggaran Publik, Uu menilai, anggaran daerah merupakan komitmen politik, eksekutif, dan legislatif serta merupakan kesepakatan bersama dari berbagai macam kepentingan.

Namun, dalam membuat keputusan politik, juga harus dilandasi payung hukum berdasarkan UUD, Keputusan Menteri, Peraturan Pemerintah, dan lainnya.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x