Peran Kades Sangat Vital dalam Pengawasan Orang Asing

- 1 Mei 2024, 18:37 WIB
Jajaran Kakanwil Kemenkum HAM Jabar gelar Rapat Koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA) di Kabupaten Tasikmalaya
Jajaran Kakanwil Kemenkum HAM Jabar gelar Rapat Koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA) di Kabupaten Tasikmalaya /M Ridwan Anshori/

BERITA KBB - Peran kepala desa sangat vital dalam pengawasan orang asing. Dimana para Kades lah yang lebih mengetahui kondisi daerah dan warganya.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat Masjuno mengatakan, Kantor Imigrasi Tasikmalaya, dalam waktu dekat akan meluncurkan Program Desa Binaan Imigrasi dengan menggandeng para Kades dan seluruh komponen di desa dalam mengawasi orang asing.

"Peran Kades ini paling terdepan dan sangat vital dalam pengawasan orang asing di wilayahnya. Hal ini karena para kades lah yang paling tau kondisi warga yang tinggal di sekitarnya," ujarnya, dalam Rapat Koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA) Kabupaten Tasikmalaya, Selasa (30/4/2024).

Baca Juga: Miliki Keaslian Alamnya, Wisata Curug Layung Di Bandung Barat Pernah Jadi Tempat Latihan Kopassus

Selain itu, melalui peran kades juga mengedukasi masyarakat yang akan bekerja ke luar negeri sehingga tidak terjebak dalam Tindak Pidana Perdagangan Orang.

Masjuno mengajak seluruh komponen yang hadir dalam TIMPORA yaitu Kepolisian, TNI, Kejaksaan, Pemerintah Daerah, dan BIN untuk saling bekerja sama dalam mengawasi keberadaan dan kegiatan orang asing.

"TIMPORA adalah amanat UU Keimigrasian, dan Imigrasi tidak bisa bekerja sendirian, kita yang ada dalam TIMPORA harus bersinergi dalam mengawasi orang asing di Kabupaten Tasikmalaya," katanya.***

Editor: Mohammad Ridwan Anshori


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah