Niat Puasa Syawal dan Puasa Senin Kamis di Bulan Syawal Dalam Meningkatkan Amalan Ibadah Pasca Ramadhan

- 12 Mei 2022, 19:15 WIB
keutamaan puasa syawal yang di barengi dengan puasa senin dan kamis yang bisa mendapatkan ampunan dari Allah SWT
keutamaan puasa syawal yang di barengi dengan puasa senin dan kamis yang bisa mendapatkan ampunan dari Allah SWT / Pexels @Thirdman/

 

BERITA KBB - Setelah melalui puas Ramadhan, umat muslim disambut dengan Hari Raya Idul Fitri di bulan Syawal, di bulan Syawal ada ibadah yang menjadi sunnah dalam Islam yang dapat mendatangkan pahala yang melimpah ibadah tersebut ialah puasa Syawal selama 6 hari berikut niat puasa syawal dan senin kamis.

Pada bulan Syawal bisa dibarengi dengan puasa sunah yaitu senin kamis dengan membaca niat puasa syawal dan senin kamis. Puasa syawal memiliki keutamaan ibarat menjalankan puasa selama satu tahun penuh.

Hal ini sebagaimana sabda Rosullulah SAW dalam hadist yang diriwayatkan oleh imam muslim sebagai berikut.

Baca Juga: Keluarnya Drummer Sheila On 7 Membuat Desta Memberikan Tanggapan, Simak Penjelasannya

Baca Juga: Barcelona Siap Melepas Gelandang Frenkie de Jong ke Manchester United, Murni Masalah Ekonomi

"Barangsiapa yang berpuasa Ramadan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal maka dia berpuasa seperti setahun penuh." (HR.Muslim).

Sementara hadist riwayat Imam Muslim juga menjelaskan keutamaan puasa Senin dan Kamis yang bisa mendapatkan ampunan dari Allah SWT yang berbunyi sebagai berikut.

“Pintu surga si buka pada hari Senin dan Kamis setiap hamba yang tidak berbuat syirik pada allah sedikit pun akan diampuni pada hari tersebut kecuali seseorang yang memiliki percekcokan antara dirinya dan saudaranya nanti akan dikatakan pada mereka akhiri urusan mereka sampai mereka berdua berdamai.” (H.R.Muslim). 

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah