Contoh Naskah Khutbah Jumat Tema Maulid Nabi Muhammad SAW yang Menarik Untuk Jamaah

- 28 September 2023, 08:04 WIB
Contoh Naskah Khutbah Jumat Tema Maulid Nabi Muhammad SAW yang Menarik Untuk Jamaah
Contoh Naskah Khutbah Jumat Tema Maulid Nabi Muhammad SAW yang Menarik Untuk Jamaah /freepik.com
 

Berita KBB - Umat Islam di seluruh dunia khususnya di Indonesia akan memperingati hari kelahiran atau Maulid Nabi Muhammad SAW pada Kamis 28 September 2023.


Maulid Nabi Muhammad SAW yang jatuh sehari sebelum Jumat ini membuat momentum tersebut ini dapat dijadikan sumber inspirasi tema khutbah Jumat sebelum melaksanakan ibadah Shalat Jumat.


Mengangkat tema yang sama setiap tahun tentu mengharuskan khatib mencari bahan materi khutbah Jumat yang menarik dan tidak berkesan hanya pengulangan. Untuk itu, ada banyak contoh khutbah bertemakan Maulid Nabi Muhammad SAW yang bisa dijadikan referensi atau inspirasi.

 

Berikut ini contoh naskah khutbah Jumat Maulid Nabi Muhammad SAW yang menarik, untuk dijadikan referensi dan inspirasi membuat naskah khutbah.


Maulid Nabi, Kelahiran Sang Pembawa Rahmat (Sumber: NU Online)


Ma’asyiral muslimin rahimakumullah.


Pada hari yang mulia ini, khatib menyeru kepada jamaah sekalian untuk senantiasa menjaga dan meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah dengan semaksimal mungkin, yakni takwa dalam artian menjauhi segala larangan yang ditetapkan Allah subhanahu wa ta’ala dan menjalankan perintah-Nya. Karena dengan takwa, kita akan diberi solusi oleh Allah di setiap problematika hidup yang kita alami, juga akan ada rezeki melimpah yang datang kepada kita tanpa kita sangka-sangka.


Bulan ini adalah bulan Rabiul Awal, bulan mulia di mana penutup para nabi dan rasul dilahirkan ke dunia ini. Ya, beliaulah Baginda Besar Nabi Muhammad shallallahu ‘alahi wa sallam. Nabi akhir zaman, tidak ada lagi nabi-nabi setelahnya.


Jamaah yang dirahmati Allah subhanahu wa ta’ala,


Di bulan Maulid ini, seyogianya bagi kita untuk banyak-banyak bersyukur kepada Allah subhanahu wa ta’ala karena telah mengutus seorang nabi yang menjadi suri teladan yang mulia. Nabi diutus ke muka bumi ini tak lain adalah sebagai rahmat bagi seluruh alam, sebagaimana Allah subhanahu wa ta’ala berfirman dalam surah al-Anbiya ayat 107:

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Nu Online


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x