Kenapa Ada Orang Nyadran Saat Menjelang Puasa Ramadhan?

- 6 Maret 2024, 22:09 WIB
  Kenapa Ada Orang Nyadran Saat Menjelang Puasa Ramadhan?    Ilustrasi Tradisi Nyadran dalam ziarah kubur menyambut datangnya bulan suci Ramadan
Kenapa Ada Orang Nyadran Saat Menjelang Puasa Ramadhan? Ilustrasi Tradisi Nyadran dalam ziarah kubur menyambut datangnya bulan suci Ramadan /ANTARA FOTO /Asprilla Dwi Adha

BERITA KBB – Kenapa ada orang nyadran saat menjelang puasa ramadhan? Fenomena nyadran memang sudah akrab atau menjadi tradisi di Indonesia.

Di mana tradisi nyadran menjelang puasa Ramadhan, seringkali dilakukan sebagai bentuk persiapan menyambut bulan suci.

Kegiatan ini dapat mencakup ziarah ke makam leluhur, membersihkan dan merapikan makam, serta berdoa untuk mendapatkan berkah dan ampunan sebelum memasuki bulan Ramadhan.

Selanjutnya tradisi nyadran dapat mencerminkan nilai-nilai kebersamaan, kepedulian terhadap leluhur, dan persiapan spiritual menjelang bulan puasa.

 

Apa nyadran diperbolehkan dalam Islam?


Sebenarnya Nyadran sendiri bukanlah praktik ibadah yang diakui dalam Islam.

Meskipun kegiatan tradisional seperti ziarah ke makam leluhur dapat mencerminkan nilai-nilai kebersamaan dan persiapan spiritual, penting untuk memahami bahwa praktek ini tidak memiliki dasar hukum agama secara langsung.

Di mana sejatinya, Islam menekankan kepatuhan pada ajaran agama dan praktik ibadah yang telah ditetapkan, seperti shalat, puasa, dan zakat.

Halaman:

Editor: Qoni Makhfudoh

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x