Evaluasi Penanganan Covid-19 Secara Nasional, PPKM Jawa Barat Dijadikan Contoh Baik

- 6 Februari 2021, 06:56 WIB
Sejumlah wisatawan asal Jakarta menjalani pemeriksaan rapid test antigen di Posko COVID-19 Simpang Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor, Minggu 27 Desember 2020.*
Sejumlah wisatawan asal Jakarta menjalani pemeriksaan rapid test antigen di Posko COVID-19 Simpang Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor, Minggu 27 Desember 2020.* /Isu Bogor/Iyud Walhadi

BERITA KBB - Seluruh daerah di Indonesia harus bisa memetik pelajaran dari hasil evaluasi penanganan Covid-19 di provinsi ibukota DKI Jakarta, dan provinsi Jawa Barat.

Kedua provinsi tersebut memperlihatkan perkembangan kearah yang lebih baik pada kabupaten/kotanya selama 3 minggu pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito menjabarkan hasil fokus pengamatan terhadap perkembangan 4 paramater nasional yaitu kasus aktif, kesembuhan, kematian dan keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR).

Baca Juga: Posko Tangguh Covid-19 di Tiap Daerah Bisa Dawasi Masyarakat

"Provinsi DKI Jakarta, tren kasus aktif memperlihatkan penurunan, dimana 2 minggu sebelumnya menunjukkan tren kenaikan," sampainya dalam keterangan pers perkembangan penanganan Covid-19 di Istana, Kamis 4 Februari 2021.

Hasil pengamatan pada minggu terakhir Januari atau per tanggal 31 Januari 2021, angka kasus aktifnya mencapai 8,78% dari 9,85%.

Upaya yang dilakukan menekan kasus aktif ialah meningkatkan testing (pemeriksaan) dan tracing (pelacakan). Berbeda dengan tren kesembuhan, sebaliknya naik setelah terjadinya penurunan di minggu-minggu sebelumnya. Pada minggu terakhir angkanya naik menjadi 89,46%.

Baca Juga: Program Vaksinasi Massal Harus Mempertimbangkan Ketersediaan Tenaga Vaksinator

DKI Jakarta juga telah mencapai testing (pemeriksaan) yang jumlahnya 12 kali lipat dari target World Health Organization (WHO) dalam seminggu.

Dan 87% diantaranya ditujukan pada suspek, probable dan kontak erat yang memberikan dampak positif pada pencegahan penularan.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x