Gali Potensi Daerah, Jabar - Aceh Teken Kerja Sama di 12 Sektor

- 26 Desember 2021, 22:38 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menandatangani nota kesepakatan dengan Pemda Provinsi Aceh di Museum Tsunami Aceh, Kota Banda Aceh, Minggu (26/12/2021).
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menandatangani nota kesepakatan dengan Pemda Provinsi Aceh di Museum Tsunami Aceh, Kota Banda Aceh, Minggu (26/12/2021). /Biro Adpim Jabar/

BERITA KBB – Pemda Provinsi Jawa Barat dan Pemda Provinsi Aceh menjalin kerja sama pengembangan potensi daerah serta peningkatan pelayanan publik.

Kerja sama ini tertuang dalam nota kesepakatan yang ditandatangani Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan Gubernur Aceh Nova Iriansyah, di Museum Tsunami Aceh, Kota Banda Aceh, Minggu (26/12/2021).

Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil mengungkapkan, ada 12 sektor kerja sama yang disepakati. Seluruhnya lebih fokus pada peningkatan ekonomi seiring surutnya COVID-19 dan momen kebangkitan ekonomi.

Baca Juga: Ridwan Kamil Dzikir, Doa Bersama dan Napak Tilas 17 Tahun Tsunami Aceh

"Sekarang sudah saatnya meningkatkan level kerja sama lebih kepada ekonomi seiring dengan COVID-19 yang sudah surut dan ekonomi yang harus bangkit," ujarnya.

Salah satu yang paling kongkret dari 12 kerja sama tersebut yaitu mendapatkan hak daerah terhadap pengelolaan energi. Gubernur mengatakan pengelolaan energi bertujuan agar kesejahteraan masyarakat Aceh bisa lebih meningkat. Terlebih Ridwan Kamil sendiri merupakan ketua Asosiasi Daerah Penghasil Migas dan Energi Terbarukan (ADPMET).

"Yang sudah kongkret di depan mata adalah kerja sama untuk mendapatkan hak daerah terhadap pengelolaan energi yang potensinya besar sekali yang nantinya akan berbanding lurus dengan kesejahteraan masyarakat Aceh," ujar Ridwan Kamil.

Baca Juga: Kenang 17 Tahun Tsunami Aceh, Ridwan Kamil Ziarah ke Kuburan Massal Korban

Terkait kerja sama energi tersebut, dua badan usaha milik daerah yaitu PT Migas Hulu Jabar (Perseroda) dan PT Pembangunan Aceh (Badan Usaha Milik Aceh) dilibatkan untuk menindaklanjutinya.

Selain kerja sama yang sudah tertuang dalam nota kesepakatan, Kang Emil juga menawarkan potensi kerja sama lainnya. Menurutnya, Jabar dengan jumlah penduduk hampir 50 juta jiwa merupakan pasar yang besar apabila dimanfaatkan dengan baik. Seperti investasi di sektor pariwisata yang akan berdampak pula pada masyarakat Jabar.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah