Perluas Layanan, Ridwan Kamil Resmikan Kredit Mesra di Bali

- 18 Januari 2022, 19:13 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyaksikan peluncuran program bjb MESRAkan Bali di samping Pura Melanting, Pasar Badung Dangin Puri Kangin, Kota Denpasar, Bali, Selasa (18/1/2022).
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyaksikan peluncuran program bjb MESRAkan Bali di samping Pura Melanting, Pasar Badung Dangin Puri Kangin, Kota Denpasar, Bali, Selasa (18/1/2022). /Humas Jabar/

BERITA KBB - Program Kredit Mesra dari Pemda Provinsi Jabar dan Bank bjb mulai melebarkan sayap layanan di Bali dengan peluncuran program bertajuk "bjb MESRAkan Bali".

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil beserta Wakil Gubernur Provinsi Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati menghadiri langsung peluncuran program ini di samping Pura Melanting, Pasar Badung Dangin Puri Kangin, Kota Denpasar, Bali, Selasa (18/1/2022).

Program bjb MESRAkan Bali merupakan perluasan Kredit Mesra yang telah berlangsung di Jabar sejak 2018. Kredit Mesra telah dinikmati masyarakat menengah ke bawah dengan produktif secara ekonomi melalui dana pinjaman bunga 0%, tanpa agunan dan bebas biaya provisi.

Baca Juga: Kurangi Pengangguran, Kemnaker Gandeng Kemendes PDTT dan Kemenkop UKM Kembangkan Wirausaha

Kredit Mesra dilaksanakan bank bjb sebagai perseroan daerah di mana Pemda Provinsi Jawa Barat merupakan pemegang saham terbesarnya.

Masyarakat cukup datang secara berkelompok ke tempat – tempat ibadah terdekat untuk mengakses pembiayaan. Jika di Jabar kebanyakan dilakukan di masjid dan gereja, di Bali kebanyakan dilakukan di Pura.

"Ini adalah inovasi kepada masyarakat menengah bawah menggabungkan sila pertama ketuhanan yang maha esa dengan sila kelima keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia," ujar Ridwan Kamil saat sambutan.

Baca Juga: Alternatif BPUM dan eform.bri.co.id, Kemenkop UKM Salurkan Dana Bantuan Rp7 Juta, Ini Caranya

Peluncuran program bjb MESRAkan Bali diiringi juga dengan pemberian kredit kepada perwakilan umat Hindu sebanyak tujuh orang. Hal itu diperuntukkan untuk membantu memulihkan perekonomian masyarakat Bali yang terdampak akibat pandemi COVID-19

"Jadi kalau satunya repot, kita kasih dananya ke berlima orang, bersepuluh orang. Jika salah satu masalah teman-temannya itu nanti membantu dan hasilnya luar biasa, sudah puluhan miliar kita gelontorkan kepada masyarakat kurang mampu di rumah-rumah ibadah masing-masing," sebut gubernur.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x