Kasus Tewasnya Brigadir J, Ahli Forensik Ungkapkan Pentingnya Ilmu Forensik Dalam Penegakan Hukum

- 22 Juli 2022, 09:20 WIB
Kasus Tewasnya Brigadir J, Ahli Forensik Ungkapkan Pentingnya Ilmu Forensik Dalam Penegakan Hukum
Kasus Tewasnya Brigadir J, Ahli Forensik Ungkapkan Pentingnya Ilmu Forensik Dalam Penegakan Hukum /

BERITA KBB – Dalam menanggapi kasus tewasnya Brigadir J, ahli forensic mengungkapkan bahwa pentingnya ilmu forensik dalam penegakan hukum di Indonesia.

Spesialis Forensik dan Medikolegal Prof. Dr. dr. Agus Purwadianto menjelaskan tentang pentingnya peran kedokteran forensik.

"Ilmu kedokteran forensik merupakan suatu cabang spesialis dari ilmu kedokteran, dari awal mula penyidikan hingga proses pidana, forensik pasti berperan karena kami merupakan sahabat pengadilan/amicus curiae," kata Agus, di Jakarta, Kamis 21 Juli 2022 dikutip dari pmjnews.

Baca Juga: Daftar Pemain FTV Hatiku Diskakmat By You, Ada Bayu Skak dan Aliyah Faizah

Dalam penegakan hukum, Agus Menjelaskan bahwa tugas forensik itu membantu penyidik untuk memeriksa seluruh tubuh korban baik luka ataupun kesehatan yang berkaitan dengan tindak pidana.

"Metodologi pada prinsipnya kita menjalankan suatu tugas prosedur ilmiah, kita akan mengolah fakta sampai memproduksi satu alat bukti untuk nantinya menjadi bukti bukti yang akan disampaikan dipengadilan," terang Agus.

Maka dari itu, menurut Agus, pada prinsipnya prosedur ilmu kedokteran forensik di Indonesia dan diberbagai negara itu hampir sama karena proses ilmiah itu sama.

Baca Juga: Khutbah Jumat Hari Ini Tanggal 22 Juli 2022, Singkat Menyentuh Dan Menggetarkan Hati

Namun dalam hal ini, pembedanya untuk di Indonesia, tidak melakukan terapi, tidak mengobati.

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah