Ma'ruf Amin Sambut Baik Kebijakan Arab Saudi Untuk Jamaah Haji Indonesia

- 26 Oktober 2022, 18:32 WIB
Ma'ruf Amin Sambut Baik Kebijakan Arab Saudi Untuk Jamaah Haji Indonesia  Foto: Wapres Ma'ruf Amin hadir di pemakaman Shinzo Abe.
Ma'ruf Amin Sambut Baik Kebijakan Arab Saudi Untuk Jamaah Haji Indonesia Foto: Wapres Ma'ruf Amin hadir di pemakaman Shinzo Abe. /Tangkap layar/Wapres/


BERITA KBB - Wakil presiden RI Ma'ruf Amin baru saja menerima kunjungan
Menteri Urusan Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq Fawzan Muhammed Alrabiah di Jakarta pada Rabu, 26 Oktober 2022

Menurut Ma'ruf Amin, Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Islam, memiliki kekhususan dalam penyelenggaraan acara ibadah haji dan umrah. Hal ini mengingat animo masyarakat Indonesia yang sangat tinggi untuk melakukan ibadah di Tanah Suci Mekkah Arab Saudi tersebut.

Baca Juga: Kamaruddin Sebut Ada 3 Peluru Berbeda di Lokasi Kejadian, Apa Saja?

Dilansir BERITA KBB dari ANTARA, berikut pernyataan wapres terkait kemudahan ibadah haji dan umrah warga Indonesia,
"Saya menyampaikan penghargaan atas berbagai kebijaksanaan baru yang tadi disampaikan, baik yang menyangkut kunjungan umrah ataupun juga haji, yang diberikan banyak kemudahan bagi para jemaah khususnya jemaah Indonesia."


Ma'ruf Amin menerima kunjungan Menteri Urusan Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq Fawzan Muhammed Alrabiah di Istana Wakil Presiden yang berada di Jakarta dengan gembira. Hal ini terkait hubungan yang baik antara Indonesia dan Arab Saudi selama ini.

Wapres optimistis Indonesia akan diberikan banyak kelonggaran oleh pemerintah Arab Saudi dan ini akan menambah semangat umat muslim Indonesia untuk mengunjungi Tanah Suci.

"Mudah-mudahan kebijakan baru tentang umrah ini akan menambah semangat para orang yang berumrah dari Indonesia. Sebab, setiap hari ada orang umrah dari Indonesia. Dengan adanya kesempatan-kesempatan, selain bisa ke Makkah dan Madinah, bisa ke mana-mana ini, saya kira akan sangat mendorong orang Indonesia untuk lebih berkeinginan lagi untuk umrah sekaligus melihat berbagai daerah di luar haramain (Makkah dan Madinah)," jelas Ma'ruf Amin.


Di sisi ibadah, Ma'ruf Amin meminta Pemerintah Arab Saudi dapat memberikan perhatian terhadap penempatan jemaah haji asal Indonesia di Mina, agar penempatannya tidak terlalu jauh dari lokasi melempar jamrah. Sementara di sisi perdagangan, dia mengajak Pemerintah Arab Saudi bersama-sama membangun kemitraan.

"Tentu yang juga kami harapkan adalah hubungan dagang, baik yang menyangkut kepentingan-kepentingan haji maupun yang lain. Kami juga ingin dibukakan perdagangan untuk mengekspor barang-barang kebutuhan jemaah haji, khususnya Indonesia, baik di saat umrah dan haji," katanya.

Halaman:

Editor: Qoni Makhfudoh


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x