Stop Bakar Sampah di Sekitar Jalur Kereta Api, Ini Bahayanya Menurut PT KAI, Bisa Ancam Keselamatan Penumpang

- 16 Agustus 2023, 13:10 WIB
Aktivitas bakar sampah di pinggiran rel kereta api sangat berbahaya
Aktivitas bakar sampah di pinggiran rel kereta api sangat berbahaya /Dok PT KAI
 

Berita KBB - Penduduk yang bermukim di sekitar jalur kereta api sebaiknya tidak membakar sampah di dekat sarana perkeretaapian tersebut. Pasalnya, selain mencemari lingkungan dengan polusi udara, keselamatan dan kelancaran perjalanan KA pun dapat terancam.


Bagaimana bisa membakar sampah di sekitar jalur kereta api membahayakan operasional perjalanan KA dan keselamatan para penumpang dan kru? Simak artikel berikut ini untuk mengetahui jawabannya.


Dilansir situs resmi PT KAI, Selasa 15 Agustus 2023, membakar sampah di sekitar jalur kereta api dapat membahayakan perjalanan KA, terlebih di musim kemarau dan saat kondisi angin kencang.

 

Baca Juga: Sinopsis Bhagya Lakshmi ANTV Rabu, 16 Agustus 2023: Semua Orang Berkumpul untuk Melakukan Puja


Asap pembakaran sampah yang timbul, selain mencemari lingkungan, juga dapat mengurangi jarak pandang masinis dan menimbulkan potensi bahaya. Sebab, rambu-rambu dan sinyal yang perlu diperhatikan masinis dalam mengoperasikan kereta api, menjadi tidak terlihat jelas.


Tidak hanya sampai situ, situs resmi PT KAI menjelaskan, suhu panas yang timbul dari membakar sampah di sekitar jalur kereta api dapat merusak kabel optik sistem persinyalan yang tertanam di bawah tanah sepanjang rel.


Kabel optik ini penting peranannya dalam memastikan kelancaran dan keselamatan perjalanan kereta api. Sebab, sarana ini merupakan komponen vital dalam sistem persinyalan dan komunikasi antar stasiun.


Selain membakar sampah di sekitar jalur kereta api, membuang sampah sembarangan di lintasan rel juga harus dihindari. Pasalnya, onggokan sampah dapat menghambat aliran air pada sistem drainase di sepanjang rel sehingga menimbulkan genangan air.

 

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Situs Resmi PT KAI


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x