BMKG: Nusa Tenggara dan Sebagian Sulawesi Berpotensi Angin Kencang 2 Hari Ke Depan, Kecepatan Lebihi 25 Knot

- 31 Agustus 2023, 11:08 WIB
BMKG: Nusa Tenggara dan Sebagian Sulawesi Berpotensi Angin Kencang 2 Hari Ke Depan, Kecepatan Lebihi 25 Knot
BMKG: Nusa Tenggara dan Sebagian Sulawesi Berpotensi Angin Kencang 2 Hari Ke Depan, Kecepatan Lebihi 25 Knot /
 

Berita KBB - Penghujung bulan Agustus ini, sebagian wilayah pulau Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Maluku hingga Papua berpeluang diguyur hujan lebat disertai petir. Hal ini menurut laporan peringatan dini cuaca BMKG yang rilis pada Rabu 30 Agustus 2023.


BMKG juga mengeluarkan peringatan bahwa sebagian wilayah Sulawesi dan Nusa Tenggara berpeluang dihembus angin kencang dalam kurun 2 hari ke depan.


Menurut laporan tersebut, kondisi cuaca ini dipengaruhi terbentuknya daerah pertemuan kecepatan angin yang memanjang dari Kepulauan Mentawai hingga Selat Malaka, dari Selat Malaka hingga perairan timur Semenanjung Malaysia, dari Kalimantan Tengah hingga Laut Sulu, dari Maluku hingga Maluku Utara, dan dari Papua Nugini hingga perairan utara Papua Barat.

 

Baca Juga: Hasil Reading vs Ipswich Town: Elkan Baggott Cs Menang Adu Penalti


BMKG juga memantau adanya daerah pertemuan angin terpantau di Laut Cina Selatan timur Vietnam. Daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang daerah tersebut.


Sementara angin kencang yang diprediksi menerpa dalam 2 hari ke depan, merupakan pengaruh intrusi udara kering dari belahan bumi selatan yang melintasi wilayah Australia bagian utara, Laut Arafura, Papua bagian selatan, Maluku, sebagian Sulawesi Tenggara dan Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.


Intrusi udara kering ini mampu mengangkat massa udara di depannya menjadi lebih hangat dan lembab, yaitu di Sulawesi bagian selatan, Maluku, dan Papua bagian utara. 


Sementara peningkatan kecepatan angin lebih dari 25 knot terpantau di Wilayah Laut Andaman, Laut Jawa, Laut Flores, Laut Cina Selatan, Selat Makassar, perairan selatan Nusa Tenggara Timur, Laut Maluku, Laut Banda, Laut Arafura, dan Samudra Pasifik timur Filipina. Hal ini mampu meningkatkan ketinggian gelombang di perairan-perairan tersebut.


Wilayah mana sajakah yang terdampak hujan dan angin kencang akibat fenomena tersebut? Berikut ini Berita KBB rangkum prediksi sebaran cuaca di wilayah Indonesia 2 hari ke depan pada Kamis dan Jumat 31 Agustus - 1 September 2023.

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah