Mengenal Kekuatan Alutista Indonesia di Hari Tentara Nasional Indonesia

- 4 Oktober 2023, 16:21 WIB
Mengenal Kekuatan Alutista Indonesia di Hari Tentara Nasional Indonesia
Mengenal Kekuatan Alutista Indonesia di Hari Tentara Nasional Indonesia /armyrecognition.com

 

 

BERITA KBB - Hari Tentara Nasional Indonesia (HUT TNI) yang diperingati setiap tanggal 5 Oktober merupakan momen untuk mengenang sejarah dan peran penting TNI dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan negara. TNI terdiri dari tiga matra angkatan, yaitu Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL), dan Angkatan Udara (AU). Masing-masing angkatan memiliki alat utama sistem senjata (alutsista) yang menjadi andalan dalam melaksanakan tugasnya.

Alutsista adalah alat peralatan utama beserta pendukungnya yang merupakan suatu sistem senjata yang memiliki kemampuan untuk pelaksanaan tugas pokok TNI. Alutsista mencakup berbagai jenis senjata, kendaraan, kapal, pesawat, radar, satelit, dan lain-lain. Alutsista merupakan salah satu faktor yang menentukan kekuatan militer suatu negara.

Lantas, bagaimana kekuatan alutsista TNI jika dibandingkan dengan negara lain? Berdasarkan data Global Firepower 2021, peringkat kekuatan militer Indonesia berada di urutan ke-15 dari 140 negara di dunia. Indonesia mengantongi indeks kekuatan (Power Index) sebesar 0,2684, lebih baik dibandingkan dengan sejumlah negara maju, seperti Jerman di peringkat 16, Australia di peringkat 17, dan Israel di peringkat 18. Sementara itu, Amerika Serikat (AS) masih menjadi negara terkuat di dunia dalam hal militer dengan skor 0,0453 pada pemeringkatan ini.

 Baca Juga: Erick Thohir Marah! Dana Pensiun Pegawai BUMN 'Dirampok' Oknum Tidak Bertanggung Jawab, Kerugian Mencapai Ratu

Berikut adalah beberapa contoh alutsista andalan TNI yang dimiliki oleh masing-masing angkatan:

 

Angkatan Darat

Salah satu alutsista terbaru yang dimiliki oleh TNI AD adalah tank medium Harimau Hitam yang merupakan hasil kerjasama antara Indonesia dan Turki. Tank ini memiliki berat 35 ton dan dilengkapi dengan meriam kaliber 105 mm. Tank ini juga mampu bergerak dengan kecepatan maksimal 70 km/jam di darat dan 8 km/jam di air. Selain itu, TNI AD juga memiliki kendaraan tempur lapis baja Anoa yang merupakan produksi dalam negeri oleh PT Pindad. Kendaraan ini mampu mengangkut 10-12 personel dan dilengkapi dengan senapan mesin kaliber 12,7 mm atau 40 mm.

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x