BMKG: Sumbar, Kalbar, Papua dan Sejumlah Provinsi Lain Berpotensi Alami Cuaca Ekstrem Hingga 2 November 2023

- 27 Oktober 2023, 10:00 WIB
BMKG: Sumbar, Kalbar, Papua dan Sejumlah Provinsi Lain Berpotensi Alami Cuaca Ekstrem Hingga 2 November 2023
BMKG: Sumbar, Kalbar, Papua dan Sejumlah Provinsi Lain Berpotensi Alami Cuaca Ekstrem Hingga 2 November 2023 /@fakta.negri_/Instagram
 

Berita KBB - Melintasnya Siklon Tropis Sanba di utara Indonesia berpengaruh terhadap prospek cuaca sepekan ke depan, di mana terdapat potensi cuaca ekstrem hujan lebat di sejumlah provinsi di Indonesia.


Menurut laporan peringatan cuaca ekstrem yang dikeluarkan BMKG Kamis kemarin, dalam kurun 27 Oktober - 2 November 2023, hujan sedang hingga lebat berpotensi terjadi di sebagian wilayah Sumatra, Jawa, Kalimantan, dan Papua.


Berdasarkan laporan tersebut, BMKG memantau adanya Sirkulasi Siklonik di Teluk Thailand dan Laut Cina Selatan. Sirkulasi siklonik ini membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin memanjang di pesisir barat Aceh, Aceh, Sumut, hingga Selat Malaka, dan dari pesisir barat Kalbar, daratan Kalbar hingga Sarawak Sabah. 

 

Baca Juga: Sinopsis Daftar Pemain FTV Takkan Ada Cinta Yang Lain, Ariel Tatum dan Derby Romero, Tayang 23:00 WIB


Selain itu, daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin lainnya terdapat di sepanjang pesisir barat Bengkulu, Sumbar hingga Riau bagian utara, dari Jateng hingga Jabar bagian selatan, di Sulteng hingga Selat Makassar, dan di Papua.


Menurut BMKG, sirkulasi siklonik dan daerah konvergensi ini dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang wilayah-wilayah tersebut.


Berdasarkan temuan tersebut, diperkirakan hujan sedang hingga lebat selama 7 hari ke depan berpotensi terjadi di provinsi Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Banten, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, dan Papua.


Bagi masyarakat yang berdomisili di provinsi-provinsi tersebut agar waspada terhadap gejala cuaca ekstrem yang timbul berupa hujan lebat, hujan es, serta dampak yang ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, dan jalan licin.


Berikut daftar wilayah yang berpotensi mengalami cuaca ekstrem hujan lebat hingga sedang selama 7 hari ke depan, tepatnya pada kurun 27 Oktober - 2 November 2023. Perlu dicatat bahwa informasi ini bersifat prakiraan, sehingga cuaca yang timbul bisa saja berbeda.

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x