Hasto Kristiyanto mengapresiasi Festival Banteng Wulung Cup I Ngamumule Budaya Sunda

- 5 Maret 2023, 09:11 WIB
Hasto Kristiyanto mengapresiasi Festival Banteng Wulung Cup I Ngamumule Budaya Sunda
Hasto Kristiyanto mengapresiasi Festival Banteng Wulung Cup I Ngamumule Budaya Sunda /Miradin Syahbana /Berita KBB /Berita kbb


BERITA KBB- Festival Pencak Silat se Bandung Raya Banteng Wulung Cup I 2023 yang diinisiasi oleh Anggota Komisi I DPR RI PDIP Mayjen TNI (Purn) TB Hasanuddin resmi digelar bersama Lembaga Pewarisan Pencak Silat ( GARIS PAKSI ) di GOR Tri Lomba Juang jalan Padjadjaran Kota Bandung Sabtu 4 Maret 2023.

Dibuka dengan pemukulan gong oleh Bapak Pencak Silat Dunia Mayjend TNI (Purn) Eddie Marzuki Nalapraya serta dihadiri tamu kehormatan Sekretaris Jendral DPP PDIP Hasto Kristiyanto.

"Saya sangat kagum dan terpukau dengan keluwesan. Apalagi sangat kompak antara silat dan instrumen musik yang mengiringinya," ucap Hasto usai menyaksikan pencak silat bersama penanggung jawab acara TB Hasanuddin, serta anggota DPR RI Nico Siahaan dan jajaran pengurus DPD PDIP Jawa Barat di bawah pimpinan Ono Surono.

Baca Juga: Daftar Rating Sinetron Minggu, 5, Maret 2023, Rindu Bukan Rindu SCTV Berada di Top 37 Program TV

Menurut Hasto, gabungan antara karawitan yang berisi tari, drama, dan sinden berpadu dengan silat menunjukkan ciri khas Jawa Barat yang begitu kuat, terutama dalam pukulan gendangnya.

Hasto juga memperhatikan drama silat tentang kisah sebuah kerajaan di Bumi Pasundan. Menurut Hasto, Sang Mahapati kerajaan bermimpi dalam kontemplasi atas persoalan dalam kehidupan rakyatnya.

Sementara itu, sebagai inisiator kegiatan, TB Hasanuddin menggandeng Lembaga Pewarisan Pencak Silat GARIS PAKSI sebagai Panitia Penyelenggara.

Baca Juga: Jadwal Tayangan beIN Sport 1 Senin, 6 Maret 2023. Ada Serie A: Juventus vs AS Roma dan Inter Milan vs Lecce

Kegiatan digelar selama dua hari, 4 - 5 Maret 2023 dan dibuka secara resmi oleh Bapak Pencak Silat Dunia Mayjen TNI (p) H. Eddie Marzuki Nalapraya serta dihadiri tamu kehormatan Sekretaris Jendral PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto. 
 
"PDI Perjuangan berkomitmen menjaga dan merawat identitas kebangsaan yang diwariskan secara turun temurun. PDI Perjuangan ingin terus mengembangkan budaya nasional dengan kebijakan yang menjaga seni budaya daerah, salah satunya pencak silat," kata politisi senior PDI Perjuangan ini.

Hasanuddin mengatakan dirinya mendapat tugas khusus dari DPP partai untuk menggelar berbagai event yang bertujuan untuk melestarikan seni dan budaya yang ada di Jawa Barat.

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x