8 Pilihan Kereta Wisata, Naik Kereta dengan Gaya

- 6 Oktober 2022, 15:07 WIB
Petugas berbincang dengan penumpang, di Mini Bar Kereta Wisata dalam perjalanan ke Yogyakarta, Kamis, 6 Oktober 2022.
Petugas berbincang dengan penumpang, di Mini Bar Kereta Wisata dalam perjalanan ke Yogyakarta, Kamis, 6 Oktober 2022. /Ade Bayu Indra/Berita KBB/

BERITA KBB - Kereta Wisata adalah kereta yang didesain secara khusus yang dilengkapi fasilitas mewah dan layanan premium. Kereta Wisata termasuk jenis kereta VIP yang dapat disewa untuk keperluan khusus sesuai dengan permintaan.

Humas PT kereta Kereta Api Pariwisata M.Ilud.Siregar menyampaikan bahwa keberadaan kereta wisata di Indonesia diawali dengan nama perjalanan kereta api luar biasa (KLB).

Pada saat itu direncanakan perjalanan rahasia kereta api luar biasa Presiden Indonesia Pertama yaitu Soekarno dari Jakarta ke Yogyakarta.

Baca Juga: Lirik Lagu 'Un Holy' By Sam Smith Feat Kim Petras Viral di TikTok

Selanjutnya Ilud menambahkan kereta wisata (Kawis) dikomersialkan dengan 2 skema yaitu pola FIT/Perorangan (pada tipe dan jadwal KA tertentu) dan pola Charter/disewakan.

Kawis dapat digandeng atau dirangkaikan dengan kereta api regular (Kelas eksekutif dan Ekonomi AC) maupun dioperasikan sebagai Kereta Luar Biasa (KLB).

Kereta Wisata memiliki 8 Tipe yaitu: Tipe Priority,Tipe Nusantara,Tipe Sumatera,Tipe Toraja,Tipe Bali,Tipe Jawa,Tipe Retro dan Tipe Imperial. “Kereta Wisata ini memiliki fasilitas ruang rapat, balkon, ruang makan, bar berukuran kecil, dan tempat tidur. Di samping itu, juga terdapat ruangan santai dengan televisi besar, terutama tipe Priority yang dilengkapi dengan tambahan fasilitas Audio dan Video (Avod) TV di kursi penumpang dengan sajian film dan fasilitas karaoke sehingga akan memberikan nuansa sajian film selama dalam perjalanan,” tutur Ilud Siregar.

Baca Juga: Lirik dan Terjemahan Bahasa Indonesia Lagu 'CLAP' By TREASURE, Resmi Rilis!

1.Kereta wisata Nusantara

Kereta wisata Nusantara merupakan kereta wisata khusus yang awal penggunaannya hanya bagi Presiden Indonesia. Selanjutnya saat ini dapat digunakan untuk penggunaan komersial. Didesain dengan interior dan segala pernak-pernik yang menggambarkan seni dari pelosok Nusantara. Keunikan yang dimiliki kereta ini adalah adanya ruang balkon. Penumpang dapat menyaksikan panorama sepanjang perjalanan ketika tirai jendela dibuka. Kereta wisata Nusantara memiliki fasilitas menonton film dan berkaraoke. Kereta ini juga dilengkapi dengan sebuah kamar tidur sebagai tempat beristirahat bagi penumpang.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x